Psikologi Warna Dalam Kehidupan Sehari-hari. Kamu Pilih Warna Apa?


Mata dan kemampuan mengenali warna adalah anugerah Tuhan yang amat berharga, tapi sering kita pandang sebelah mata. Kemudahan membedakan mana permukaan yang berwarna biru, ungu, sampai mengenali beragam entitas mawar dari perbedaan warnanya seharusnya membuat kita merasa jadi makhluk yang beruntung di dunia.

Leslie Harrington, seseorang dari The Color Association of United States menyatakan bahwa kita mengasosiasikan hampir segala hal dengan warna — baik itu dalam nilai-nilai sosial, budaya, maupun hubungan pribadi. Warna bukan hanya pemanis mata, tapi bisa juga mempengaruhi suasana hati kita secara signifikan dalam segala suasana.

Penasaran apa arti yang tersimpan di balik warna, dan bagaimana sebuah warna bisa mempengaruhi suasana hatimu? Simak saja artikel dari Hipwee berikut ini.

1. Rasa kurang percaya diri dan malas makan bisa hilang setelah kamu melihat warna merah. Jika rasa malas datang, memandangi warna merah akan membuat semangatmu tergugah
Warna merah adalah warna yang sering dikaitkan dengan keberanian, panas, romantis, serta bergairah. Tak heran karena merah identik dengan darah, api, serta cabai yang bercita rasa pedas—bahkan salah satu pusat jajan sex paling terkenal di Belanda dinamakan Red Light District.

Warna merah juga disebut sebagai warna yang paling kompleks serta rumit. Ada anggapan yang mengatakan bahwa warna merah bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Jadi jangan heran jika banyak restoran yang mengecat dinding maupun logonya dengan warna merah.

2. Waktu banyak masalah dan stres melanda, pandangilah warna biru lama-lama. Kelegaan bisa kamu dapatkan dengan fokus pada warna angkasa yang menyejukkan mata
Jika warna merah akan menyemangatimu, maka warna biru bisa menenangkanmu. Apabila kamu baru saja melewati hari yang panjang dengan berbagai tekanan hingga kamu merasa stres, warna biru bisa membantumu mengembalikan ketenangan di dalam hati. Biru diasosiasikan dengan warna laut maupun langit.

Warna biru dikaitkan dengan kedamaian, ketenangan, keteguhan hati, serta prinsip yang kuat. Warna biru juga memberi kesan sejuk kepada mereka yang melihatnya. Tak heran jika banyak ruangan-ruangan pribadi dicat dengan warna biru.

3. Ketika harimu terasa suntuk dan kurang segar, warna hijau yang identik dengan pepohonan membuat pikiranmu kembali fresh dan bisa bekerja dengan benar
Hijau adalah warna yang memberi kesan segar karena warna ini kerap dikaitkan dengan hijaunya rumput maupun pepohonan segar yang berwarna hijau. Hijau juga dikaitkan dengan ketenangan, dan keseimbangan karena menggambarkan alam serta pertumbuhan.

Tapi, masyarakat juga menyebut warna hijau juga dikategorikan dengan mata orang-orang yang doyan banget sama duit, alias “mata duitan”. Mungkin karena hampir ada saja pecahan uang kertas diseluruh dunia yang menggunakan tinta warna hijau. Selain itu, hijau juga mengurangi nafsu makan karena diasosiasikan dengan makanan berjamur. Jadi jangan heran jika kamu jarang menemukan restoran dan rumah makan yang dicat dengan warna hijau.

4. Kuning adalah warna paling tepat untuk ditaruh di ruang rapat. Warna ini menggambarkan kecerdasan, berpikiran maju, suka bergaul, hangat, bahagia, dan kehati-hatian
Warna kuning bisa dilihat dari warna matahari terbit dan merupakan warna yang memiliki dua konotasi berbeda, baik itu positif maupun negatif. Kuning menggambarkan orang-orang dengan pikiran yang cerdas, berpikiran maju, suka bergaul, hangat, bahagia, dan kehati-hatian.

Warna kuning juga terlihat amat sangat mencolok, sehingga kurang cocok jika digunakan untuk mengecat kamar tidur, karena terkesan mencolok, silau, serta panas.

5. Jika sedang ingin mencari energi kreatif, kelilingi dirimu dengan warna orange. Inovasi dan ide-ide penuh optimisme bisa muncul karena warna ini
Orange adalah warna yang mewakili kreativitas, inovasi, ide-ide serta pemikiran kreatif. Warna satu ini juga merupakan warna yang cocok digunakan jika kamu sedang tak ingin menggunakan warna merah maupun kuning. Warna ini juga dikaitkan dengan optimisme, kebebasan, serta kehangatan.

Seperti halnya merah, orange juga cocok digunakan di ruang makan karena memiliki karakter yang hangat, namun tak terlalu mencolok seperti warna merah, dan tak terlalu terang seperti warna kuning. Orange berada di tengah-tengah keduanya.

0 Response to "Psikologi Warna Dalam Kehidupan Sehari-hari. Kamu Pilih Warna Apa?"

Posting Komentar