Khasiat Teh Celup Selain Sebagai Minuman yang Nikmat


Teh celup adalah minuman yang banyak digemari berbagai kalangan. Selain ampuh melepas dahaga, minuman ini juga bisa menyehatkan badan. Nah, setelah menyeduhnya, pasti kamu sering membuang teh celup bekas celupan di tong sampah. Padahal, teh celup sisa seduhan ini masih bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lain lho.

Tak melulu hanya bisa dibikin minuman, teh celup juga bisa punya manfaat tersembunyi yang belum banyak orang tahu. Penasaran? Berikut ini penjelasannya.

1. Teriknya matahari seringkali bikin kulitmu terbakar. Nah, jika kamu gak punya sunscreen, gunakan saja teh celup sebagai pengganti.
Kamu sering traveling ke pantai , snorkling atau kegiatan outdoor? Hal ini seringkali bikin kulitmu terbakar matahari. Kulit terbakar bukan hanya bikin kulitmu kusam, tapi juga bikin perih dan tak nyaman. Tapi tenang, sekarang kamu bisa mengandalkan teh celup sebagai obat. Caranya, seduh teh dengan sedikit air, masukkan es batu, lalu siram seduhan dan tempelkan teh celup pada luka yang terbakar. Metode ini ampuh membuat kulitmu cepat membaik dan mengurangi rasa perih.

2. Tubuhmu gatal-gatal karena tergigit serangga? Pakai saja teh celup untuk mengenyahkannya sekarang juga.
Di manapun berada, kemungkinan tergigit atau tertusuk serangga sangatlah besar. Misalnya nyamuk, semut, atau lebah. Gigitan mereka bikin kulitmu gatal dan merah. Jika kamu tak punya alat dan bahan P3K, gunakan saja teh celup sebagai penggantinya. Rendam 20 detik teh celup pada air hangat, lalu tepuk-tepukan kantong pada bekas gigitan. Kandungan antioksidan pada teh bisa membantu rasa gatal menghilang dengan segera.

3. Air seduhan teh yang sudah tak diminum jangan buru-buru dibuang. Manfaatkan untuk merawat lemari atau rak kayu yang ingin kamu buat tampak lebih mengkilat
Seduhan teh celup yang sudah tidak diminum seringkali kamu buang begitu saja di wastafel. Padahal teh celup itu gak hanya berfungsi untuk diminum lho, tapi juga bisa berfungsi sebagai cairan pembersih properti kayu. Caranya, kamu semprotkan seduhan teh pada kayu, lalu lap menggunakan kain kering. Selain bisa menghemat uang, cara ini juga bikin kayu lebih mengkilap. Menguntungkan ‘kan?

4. Bau tak sedap pada kulkas bisa lenyap dengan bantuan teh celup yang diletakkan di dalamnya.
Kulkas atau lemari es memang berfungsi untuk mengawetkan makanan agar tidak jamuran. Tapi kadang kamu justru membiarkan bau tak sedap di dalam kulkas bikin makananmu gak enak. Nah, agar hal ini tak terulang, gunakan saja teh celup sebagai penangkalnya. Letakkan beberapa teh celup di setiap sudut rak. Teh ini ampuh menyerap bau tak sedap dari berbagai jenis makanan. Dengan begitu, makanan simpanan bisa tetap enak dan nikmat saat dikonsumsi.

5. Resep ajaib menghentikan gusi bengkak dan berdarah adalah kantong teh celup yang didinginkan. Dijamin sakitmu bisa segera mereda.
Teh celup cuma bisa dibuat minuman? Siapa bilang? Minuman ini bisa digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut juga lho. Kantong teh yang sudah didinginkan di kulkas atau direndam pada es batu ampuh mengatasi perdarahan dan bengkak pada gusi. Lalu gunakannya dengan menempelkannya pada gusi yang sakit. Nah, kandungan tanin pada teh bisa menghilangkan peradangan jaringan gusi yang pecah. Selain itu, kondisi dingin juga bikin pembuluh darah menyempit. Jadi perdarahan gusi bisa segera mereda.

6. Teh celup itu gak cuma bisa diminum lho, serbuk ini juga bisa membuat mata panda menghilang dan bikin penampilanmu makin menawan.
Lingkaran hitam atau biasa dinamakan mata panda seringkali menggangu penampilan. Tenang, sekarang kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan teh celup di rumah. Metode ini punya 2 cara. Pertama, kamu bisa gunakan teh celup yang dibasahi air hangat, lalu letakkan pada mata selama 20 menit. Kedua, simpan kantung teh celup di lemari es selama 24 jam, lalu letakkan pada mata selama 10-20 menit saja. Praktis ‘kan? Cara ini ampuh bikin matamu kembali bersinar, penampilanmu menawan, dan mata panda menghilang.

0 Response to "Khasiat Teh Celup Selain Sebagai Minuman yang Nikmat"

Posting Komentar