Punya kulit wajah yang cantik, cerah, dan halus sepertinya menjadi impian hampir seluruh cewek. Untuk mendapatkan kulit yang sempurna seperti itu, nggak jarang para cewek melakukan berbagai perawatan. Mulai dari menggunakan krim pagi dan malam, sampai facial di salon kecantikan.

Eh, tapi kamu tahu nggak? Facial nggak cuma bisa dilakukan di salon, lho! Kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah, tanpa perlu ribet dan tanpa menggunakan banyak alat. Gimana caranya?

1. Tahap Pertama: Selalu Bersihkan Wajahmu Terlebih Dahulu
Apapun perawatan wajah yang akan kamu lakukan, membersihkan wajah adalah tahap pertama yang nggak boleh kamu lupakan. Wajah yang bersih ini akan memudahkan penyerapan vitamin dan zat-zat lain yang diperlukan oleh kulitmu.

Untuk facial, nggak ada pembersih khusus yang harus kamu gunakan. Pembersih jenis apapun bisa kamu gunakan, asalkan sesuai dengan kondisi wajahmu, ya.

2. Bersihkan Sel Kulit Wajahmu yang Sudah Mati Dengan Scrubbing
Setelah membersihkan wajah, tahap berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah scrubbing. Scrubbing ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit wajahmu yang sudah mati supaya kulitmu bisa “bernapas” dan teregenerasi dengan baik.

Kamu nggak perlu bingung harus scrubbing menggunakan apa, soalnya saat ini sudah banyak face scrub yang dijual di toko kecantikan maupun supermarket—beberapa menggunakan nama lain peeling. Kalau mau yang lebih alami, kamu bisa membuatnya sendiri dari campuran gula pasir, air mawar, dan minya zaitun yang diblender. Hasilnya, wajahmu nggak hanya teregenerasi tetapi juga cerah merona.

3. Selanjutnya, Wajahmu Perlu Diuapi Untuk Membuka Pori-Pori
Langkah facial berikutnya adalah steaming atau penguapan. Langkah satu ini bertujuan untuk membuka pori-pori kulit wajahmu, sehingga memudahkan untuk mencari dan mengeluarkan komedo yang tersembunyi.

Di salon-salon, memang ada alat khusus untuk menguapi wajahmu. Tapi untuk di rumah, kamu hanya perlu baskom berukuran sedang dan air panas saja, kok. Dekatkan wajahmu sekitar 20 cm ke bibir baskom berisi air panas. Biarkan wajahmu terkena uap dari air tersebut selama 5-8 menit. Setelah itu, keringkan wajahmu secara perlahan menggunakan handuk halus atau tisu wajah kering.

4. Tahapan Facial Paling Seru: Mencari Komedo
Mencari komedo itu gampang-gampang-susah. Untuk sekitaran hidung, kamu bisa menggunakan bantuan pore pack yang banyak dijual di pasaran. Tapi untuk daerah wajahmu yang lain, kamu perlu menggunakan alat khusus. Tenang, banyak di jual di toko-toko kecantikan, kok. Saat komedonya sudah berhasil dikeluarkan, langsung di lap dengan tisu kering yang bersih, ya.

5. Bilas Wajahmu Dengan Air Untuk Menghilangkan Sisa-Sisa Kotoran Dari Komedo
Tahapan mengeluarkan komedo memang seru, tapi juga membuat wajahmu kotor lagi. Untuk itu, sebelum melanjutkan home facial-mu, kamu perlu membersihkan wajahmu lagi. Kali ini, kamu nggak perlu menggunakan sabun pembersih. Cukup dibilas dengan air saja dan biarkan airnya meresap ke dalam kulit untuk hidrasi.