Makan sendirian di tempat umum, seperti restoran, bisa bikin kita merasa gak nyaman. Mungkin karena kamu terbiasa melakukan kegiatan bersama orang lain sehingga ketika terpaksa makan sendirian (contoh: sedang traveling atau dinas) kamu jadi berpikir berkali-kali “Harus gak ya aku keluar buat makan sendirian?”

Harusnya makan sendirian bukan jadi masalah buat kamu. Malah, harusnya kamu rutin menyempatkan diri untuk pergi keluar, duduk di sebuah restoran dan makan sendirian. Kenapa? Karena sebenarnya makan sendirian itu menyenangkan. Alasannya: kamu lebih mudah dapat meja di restoran yang biasanya ramai, makanan lebih cepat tersaji, lebih murah, dan kamu bisa sesukanya memesan makanan tanpa harus malu-malu.

Setelah seharian beraktivitas, bertemu banyak orang, dan celoteh sana-sini, kamu pasti butuh satu momen yang tenang dan santai walau cuma bentar doang. Gak peduli berapa banyak teman yang kamu punya, kamu akan dapat kepuasaan yang beda ketika menyantap makanan dengan tenang, diam, tanpa teralihkan perhatian dengan komentar temanmu.

Pasang muka yang santai dan ramah karena langkah-langkah di bawah ini bakal bikin makan sendirian kamu menjadi menyenangkan.

1. Pilih Tempat Makan yang Santai
Jangan datang ke restoran yang mengharuskan kamu dress-up untuk masuk. Cari restoran yang kira-kira asyik dan casual serta memiliki pelayanan yang cepat. Ciri-ciri restoran casual ? Juga ada pengunjung lain yang makan sendirian, kayak kamu.

2. Duduk di Bar
Selain bisa pesan minum sambil menunggu ada meja kosong, makan di meja bar juga nggak masalah kok. Bartender dengan senang hati akan mencatat pesananmu. Lagi pula sudah sangat lumrah bagi orang yang makan sendirian untuk duduk di bar.

3. Biarkan Pelayan Mengantarmu Ke Meja
Jika gak ada bar di restoran atau kamu lebih suka makan di meja, minta pelayan menunjukkan meja yang ada. Jika mereka tanya, “Buat berapa orang?” jawab dengan santai, “Buat satu orang aja”. Pasang muka ramah dan jangan lupa senyum karena mereka juga senang untuk melayani  kamu.

Minta yang spesifik seperti “meja di dekat jendela” atau “di balkon, kalau ada”.  Jika ada musisi atau band yang lagi main, minta meja yang dekat dengan panggung. Jangan mentang-mentang makan sendirian kamu jadi nurut aja kalau dikasih meja di samping pintu dapur.

4. Nggak Perlu Malu Bertanya
Setelah kamu duduk, jangan langsung main dengan ponsel kamu karena itu kurang sopan. Mulai obrolan dengan pelayan. Tanyakan mereka soal menu yang kamu pilih. Tanyakan juga menu apa yang spesial hari ini atau apakah ada rekomendasi dari mereka.

5. Bawa Bahan Bacaan
Bawa buku, majalah, atau koran untuk dibaca selagi menunggu makanan disajikan. Membaca akan bikin kamu terlihat santai dan terhindar dari julukan “Orang Bengong yang Lagi Duduk di Restoran”