Kalo kamu seorang seniman, desainer, penulis, maupun pekerja kreatif lainnya, pasti gak asing lagi sama yang namanya creative block atau aral kreatif. Bakal kacau bila kamu tiba-tiba mengalami kebuntuan ide di saat pekerjaanmu sedang membutuhkan kreativitasmu sekarang juga. Mau dipaksain juga tetap aja inspirasi gak keluar.

Hei, gak usah kuatir. Sebenarnya kamu bisa kok mengembalikan kreativitasmu dengan melakukan hal-hal sederhana berikut ini.

1. Pergi jalan-jalan
Jalan kaki ke taman di sekitar tempat tinggal atau tempat kerjamu bisa membantumu lepas dari aral kreativitas. Jelajahi tempat-tempat yang mungkin belum pernah kamu lewati sebelumnya, mungkin kamu akan menemukan objek-objek asik atau kejadian menarik.

Dengan berjalan-jalan dan mengganti pemandangan, kamu membebaskan pikiranmu dari ruang-ruang sempit di tempat kerjamu, sehingga lebih mudah buat mendapatkan inspirasi. Menurut penelitian, pergi jalan-jalan bisa meningkatkan kemungkinan memperoleh inspirasi kreatif dibandingkan bila kamu duduk bengong aja dibelakang meja kerjamu.

2. Baca buku yang menarik
Saat kreativitasmu mulai tersumbat, ada baiknya kamu mengambil satu novel yang belum sempat kamu baca dan tenggelamkan dirimu ke dalam sana. Membaca buku fiksi yang menarik bisa menyegarkan imajinasimu sehingga memudahkan kamu untuk menggali kembali kreativitasmu.

3. Cari keringat
Berolahraga juga bisa membantu kamu memecahkan aral kreatif lho! Jika tubuh kamu bergerak dan darah mengalir cepat, pikiran kamu bisa jauh lebih santai. Dengan pikiran yang santai kamu lebih mudah untuk menggali ide-ide segar.

4. Melamun
Melamun? Kenapa Enggak? Ketika otakmu udah buntu buat menemukan pemecahan suatu masalah, tinggalkan sejenak dan biarkan pikiran kamu melayang bebas. Saat melamun, otakmu sebenarnya tetap bekerja untuk menemukan pemecahan masalah kok, bahkan terkadang kamu bisa menemukan solusi yang kreatif lewat pemikiran bawah sadarmu.

Kamu juga bisa melamun sambil memandang langit biru. Menurut penelitian, warna biru membantu melepaskan imajinasimu lho!

5. Memikirkan hal-hal yang membahagiakan
Ide-ide kreatif paling mudah muncul saat mood kita lagi bagus. Stres menurunkan mood kamu sehingga menghambat proses kreatif. Cobalah berhenti sejenak agar rileks dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan untuk memperbaiki mood kamu.

Oiya, jangan sekali-sekali memikirkan hal yang negatif, seperti kamu gak bisa dan sebagainya. Stres memang memicu pikiran negatif, tapi berusahalah tetap sadar bahwa suasana hati kamu penting untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

6. Menulis jurnal
Memindahkan segala hal yang memenuhi kepalamu ke atas kertas bisa membantumu untuk mengatasi aral kreativitas dengan berbagai cara. Jangan terlalu memikirkan apa yang akan kamu tuangkan ke dalam jurnal, biarkan semua itu mengalir bebas. Ide yang kamu perlukan akan datang dengan sendirinya.

7. Brainstorming
Melakukan brainstorming bareng rekan-rekanmu atau bahkan sendirian mendorong kamu untuk menemukan bermacam kemungkinan untuk memecahkan suatu masalah atau merumuskan ide, bahkan solusi yang bodoh sekalipun. Setelah menuliskan semua hal yang terlintas di kepala ke atas kertas, kamu bisa meninjau ulang segala opsi yang berhasil kamu dapatkan dan bisa mulai menentukan opsi terbaik.