Baru Pertama Kali ke Luar Negeri? Jangan Lupa Perhatikan Hal ini ya!


Selama ini kamu mungkin sudah sering mendengarkan cerita teman-teman lain tentang perjalanan ke luar negeri. Ya, di sana kita akan menemukan banyak hal yang berbeda dengan yang biasa kita temui sehari-hari di negeri ini.

Kini saatmu membuktikannya sendiri akan segera tiba. Tentu saja kamu sudah mempersiapkan banyak hal untuk keberangkatanmu, terutama untuk kepentingan adaptasi dengan budaya lokal di sana. Mulai dari bahasa, kebiasaan, pengetahuan, dan juga lokasi-lokasi yang ingin kamu kunjungi.Pengalaman pertama selalu yang paling berkesan. Iya, kamu pasti sedang bersemangat-semangatnya. Sudah kebayang nih kayaknya di sana mau ngapain aja.

Eits, tapi jangan sampai karena terlalu semangat kamu jadi lupa mempersiapkan hal-hal kecil ya. Pastikan perjalanananmu bebas gangguan dengan melakukan beberapa persiapan ini.

1. Agar alat elektronik tetap nyala, pastikan universal adapter ini masuk ke kopermu.
paket komplit buat segala macam alat elektronik
paket komplit buat segala macam alat elektronik via www.tokopedia.com

Bentuk stop kontak listrik tidak selalu sama di setiap negara. Indoneisa menggunakan tipe colokan dengan dua lubang. Sementara di beberapa negara lain ada yang menggunakan stop kontak kaki tiga atau lubang strip.
Itu artinya, alat-alat elektronikmu yang dibawa dari Indonesia tidak bisa diisi muatan listrik jika kamu tidak memiliki benda ini.

Milikilah universal adapter atau konverter internasional untuk menyesuaikan dengan tipe-tipe colokan di berbagai negara.Cukup membeli satu paket, kamu bisa memiliki alat serbaguna untuk dibawa ke negara mana saja.

2. Tas portable serba guna ini juga akan jadi sahabat karibmu. Jangan sampai dokumen pentingmu tercecer.

Selain tas ransel yang pastinya kamu gunakan untuk barang-barang berukuran besar, ada baiknya siapkan juga tas pinggang kecil atau tas selempang. Tas ini berguna untuk menyimpan barang-barang penting yang harus dibawa ke mana saja seperti passport, dompet, uang, ponsel dan powerbank.

Oh ya, sebelum kamu menginjakkan kaki di negara lain, wajib hukumnya menyimpan fotocopy dan soft-file hasil scan passport. Apa saja bisa terjadi di sana. Jika passportmu hilang, rekam jejak identitasmu yang bisa dibuktikan dengan dokumen salinan tersebut bisa sangat menolongmu. Tentu saja jangan disimpan di tas yang sama ya, kalau hilang ya sama saja.

3. Daripada parfum, krim, dan gelmu dibuang di bandara, sedia zipper bag plastik ini sebelum naik pesawat

Penerbangan internasional sedikit berbeda dengan penerbangan lokal. Untuk keamanan bandara, jenis cairan apapun hanya boleh dibawa ke kabin dalam tempat yang berukuran masing-masing 100 ml.

Jika lebih dari itu, botol-botol yang berisi cairan perawatan tubuhmu yang mungkin harganya mahal itu akan dibuang tanpa ampun ke tempat sampah.

Akan lebih aman untuk menyimpannya di dalam koper bersama barang bagasi lainnya. Namun karena perjalanan jauh mungkin akan menyita waktu lama, kamu bisa bawa cairan di botol-botol kecil dan dimasukkan ke zipper bag plastik. Jangan lupa, tidak boleh lebih dari 100 ml ya.

4. Masih seputar bandara, pastikan packingmu dari rumah sudah rapi. Kopermu mungkin dibongkar untuk alasan keamanan

Kamu harus nurut kalau diminta membongkar kopermu di bandara. Ini adalah prosedur keamanan tambahan yang terkadang perlu dilakukan.

Namun karena semua serba cepat, isi koper yang berantakan akan menyulitkanmu menata kembali barang bawaan sehabis dibongkar. Siasati dengan mengelompokkan barang-barangmu ke dalam storage bag seperti ini agar lebih tertata rapi.

5. Beberapa negara menyaratkan rekam medis vaksinasi. Pastikan kamu sudah diimunisasi.

Beberapa negara seperti Amerika Selatan dan Afrika meminta pengunjung melakukan vaksinasi untuk kolera, sementara Cina dan India spesifik meminta vaksinasi hepatitis.

Para jamaah haji sebelum ke Mekkah biasanya diminta untuk melakukan vaksinasi meningokokus. Pastikan kamu sudah mencari tahu persyaratan untuk masuk negara tujuanmu dulu jauh-jauh hari. Imunisasi ini paling baik dilakukan 3 bulan menjelang keberangkatan.

0 Response to "Baru Pertama Kali ke Luar Negeri? Jangan Lupa Perhatikan Hal ini ya!"

Posting Komentar