5 Cara Mudah Buat Laptop Lama Menjadi Kembali "Kencang"


Di manapun kamu dan apapun status pekerjaanmu, hampir bisa dipastikan bahwa laptop sudah menjadi ajudan kepercayaan dalam menemani dan mengangani segala macam pekerjaan: mulai dari membuat presentasi, menulis laporan, membaca dokumen, hingga menggarap tugas akhir. Selain karena ukurannya yang bisa dibawa kemana-mana, laptop juga cukup terjangkau harganya.

Setahun-dua tahun, si laptop masih bisa saja: bersih kinclong tanpa menunjukkan gejala lemot. Tapi menginjak tahun ketiga, biasanya si komputer jinjing ini mulai jelek, kotor, rewel dan mengalami penurunan performa. Padahal, tugas-tugas dan laporan yang harus dikerjakan bejibun. Waduh, gawat tuh!

Bagi kamu yang mulai galau karena laptop kesayangan sudah mulai dimakan usia, kali ini Hipwee ingin memberikan cara agar dia kembali bisa segar seperti dahulu kala. Dengan cara yang mudah dan ekonomis, tentunya.

1. Memoles tubuh laptop dengan lap kacamata dan isoprofil alkohol bisa memperbaiki penampilannya. Noda kotor yang mengganggu mata akan hilang segera
Gunakan lap kacamata, atau bahan lainnya yang permukaannya lebih halus, terutama jika kamu membersihkan layar sentuh

Seperti prajurit yang pulang dari perang, laptopmu yang sudah 2 tahun lebih menemanimu bergerilya bertualang ke kafe, perpustakaan, kantor, dan ruang kuliah mulai menunjukkan tanda penuaan. Bisa ditebak, badan si leppy ini pastinya sudah bercodet dan kotor.

Solusinya, cukup siapkan lap kacamata dan alkohol berkadar rendah. Lap kacamata memiliki tekstur halus, berbeda dengan tissue apalagi lap gombal, yang tentunya laptopmu sensitif dengan yang “kasar-kasar”. Sedangkan alkohol, memudahkan pembersihan laptop karena alkohol mampu membasmi noda-noda kotor di tubuhnya.

Untuk memudahkanmu membersihkan keyboard dan sela-sela laptop, ambillah cotton bud yang dicelup ke dalam alkohol, dan gosok celahdan lekukan tersebut. Dijamin, bakal lebih bersih dari sebelumnya.

2. Suara kipas membising dan laptop panas? Cukup buka casing bawah, bersihkanlah hardware dalamnya dengan usb vacuum cleaner yang pas di saku
Penulis rasa, tiga tahun adalah waktu yang cukup untuk menghanguskan garansi laptopmu, dan karena garansinya sudah tidak ada, membuka casing bawah laptopmu kini bukanlah hal yang tabu dilakukan. Cara ini gak seberbahaya yang dikhawatirkan orang kok. Video tutorial di Youtube bisa membantumu mendapatkan gambaran cara membukanya.

Jangan kaget apabila jeroan sahabatmu ini berdebu dan mungkin sudah terdapat lapisan debu di kipas laptopmu. Mulailah membersihkan dengan USB Vacuum Cleaner, yang bisa dinyalakan hanya dengan menggunakan adaptor smartphone mu. Harga USB Vacuum Cleaner ini gak mahal kok, paling yang bagus bisa kamu tebus dengan selembar uang 50 ribuan.

3. Guna meniupkan semangat baru ke sahabatmu ini, memasang cover laptop dengan motif dan warna yang menarik bisa jadi pilihan oke
Mendapatkan laptop yang bersih kinclong like new, bisa jadi belum memuaskan hasratmu yang ingin sobatmu ini membawa semangat baru. Segeralah browse internet dan cari lapak terpercaya, lalu rogoh kocekmu untuk membeli cover laptop. Cover laptop ini beragam motifnya, bahkan bisa kamu buat sendiri.

4. Mungkin beban beratlah yang sudah bikin dirinya melambat. Segera rapihkan storage-mu dari file-file usang dan sudah tidak terpakai lagi
Bertahun-tahun berlalu, dan siapa tahu kamu belum pernah meluangkan waktumu untuk membersihkan file-file tidak terpakai di laptopmu. Sisakan waktu di akhir pekan atau waktu istirahatmu untuk menghapus file tak terpakai, ataupun merapihkan kembali dokumen-dokumen dan file penting di laptopmu. Memindahkan file-file tersebut ke external hardisk untuk melegakan space, juga boleh.

Alternatif lainnya sih, kumpulkan saja file-file lawas itu jadi satu dan gunakan WinRAR untuk meng-compress-nya menjadi kecil. Dijamin membantu banget melegakan nafas laptop bututmu.

5. Defrag berkala bisa membantu melancarkan dirinya. Cukup jalankan dan tunggu sambil melahap pisang goreng plus kopi.
Data sudah kamu bersihkan, nah selanjutnya tinggal merapihkan lokasi file-file tersebut di hard-drive mu. Buka menu start, dan carilah disk defragment. Software tersebut adalah bawaan windows, dan yang kamu perlukan hanya menjalankannya, dan tunggulah hingga selesai. Oh, jangan lupa bawa pisang goreng plus kopi sebagai teman menanti.

0 Response to "5 Cara Mudah Buat Laptop Lama Menjadi Kembali "Kencang" "

Posting Komentar