Tips Praktis Agar Tetap Sehat di Musim Dingin


Sebagaimana dilaporkan oleh situs www.accuweather.com, sejak pertengahan tahun 2018, beberapa daerah di Indonesia mengalami cuaca yang lebih dingin daripada biasanya. Keadaan ini dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan, seperti pilek, flu, demam, dan beberapa penyakit lainnya. Untuk dapat tetap sehat dan fit, ada lima hal praktis yang dapat kita lakukan pada saat cuaca dingin:

Cukup istirahat. Cuaca yang dingin biasanya membuat banyak orang tidak mudah merasa lelah. Meskipun tidak terasa lelah, tubuh kita tetap butuh istirahat yang cukup untuk tetap fit. Karena itulah, mari perhatikan jadwal istirahat kita dan jangan terlalu memaksa tubuh untuk kerja berlebihan.

Minum cukup air. Tidak seperti pada saat cuaca panas yang selalu menuntut kita untuk minum, cuaca dingin membuat tubuh kita "seolah" tidak membutuhkan cairan. Pada kenyataannya, tubuh kita tetap membutuhkan cairan. Air putih maupun minuman seperti teh maupun kopi  akan membantu tubuh kita tetap prima dan tidak mudah terkena dehidrasi. Oleh karena itu, kita harus tetap ingat untuk mengkonsumsi air putih, teh, kopi maupun minuman lainnya di saat cuaca sedang dingin.

Mencuci tangan. Air yang dingin pada saat cuaca dingin membuat sebagian orang enggan untuk mendekati air, termasuk untuk cuci tangan. Keengganan ini bisa saja menjadi masalah karena dengan tidak mencuci tangan secara rutin, kuman maupun kotoran dengan mudah menempel dan tinggal di tangan kita. Itulah sebabnya sangat disarankan untuk tetap mencuci tangan secara rutin pada saat musin dingin, sehingga kita tetap fit.

Tetap aktif. Udara yang sejuk kerap kali membuat banyak orang terbuai dan malas beraktifitas, apalagi berolahraga. Kebiasaan ini akan menimbulkan persoalan pada kesehatan karena otot-otot yang tidak digerakkan dapat dengan mudah menjadi kaku, sehingga menyebabkan nyeri otot. Selain itu, kurangnya aktifitas juga dapat membuat daya tahan tubuh menjadi menurun. Oleh sebab itulah, untuk tetap sehat dan fit di cuaca yang dingin, kita harus tetap aktif bergerak maupun berolahraga.

Konsumsi multivitamin. Selain beberapa hal di atas, mengkonsumsi multivitamin sangatlah membantu seseorang untuk tetap fit di cuaca yang dingin. Multivitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memberikan asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh pada saat cuaca dingin. Hanya saja, kita perlu memilih multivitamin yang cocok dengan kita. Perhatikan riwayat kesehatan, sehingga multivitamin yang kita pilih tidak menyebabkan alergi pada saat dikonsumsi.

Beberapa hal sederhana di atas dapat membantu kita untuk tetap fit, sehingga aktifitas sehari-hari dan pekerjaan kita tidak terganggu meskipun cuaca di sekitar lebih dingin dari biasanya.

0 Response to "Tips Praktis Agar Tetap Sehat di Musim Dingin"

Posting Komentar