10 Usaha Menjanjikan Bagi Mahasiswa


Seperti layaknya seorang mahasiswa, kalian dituntut untuk lebih kreatif dalam berbagai bidang. Karena menjadi mahasiswa bukanlah sesuatu hal yang mudah, karena kalian akan menemui dunia baru yang belum kalian temui sebelum menjadi mahasiswa. Salah satunya adalah dituntut untuk kreatif mandiri dan tidak hanya mengandalkan orang tua semata.  Oleh karena itu, mahasiswa harus cerdas dalam mengatur keuangannya dan harus bisa mendapatkan penghasilan sendiri dari usaha sampingan yang bisa dilakukan disela aktifitasnya sebagai mahasiswa.

Adapun usaha sampingan yang menjanjikan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa ialah :

Berjualan Pulsa Elektrik
Banyak sekali kalangan mahasiswa yang melakukan bisnis sampingin berjualan pulsa elektrik. Alasannya mendasarnya adalah karena modal yang dibutuhkan tidak begitu besar dan sesuai kantong mahasiswa. Usaha ini akan menghasilkan banyak keuntungan jika mampu dikelola dengan baik. Akan tetapi, usaha ini juga tak bisa lepas dari resiko. Biasanya banyak pelanggan terutama mahasiswa juga yang membeli pulsa sedangkan pembayarannya nanti kalau sudah bertemu di kampus atau ditempat lain. Inilah yang terkadang banyak membuat usaha ini bangkrut dan gulungan tikar, karena hutang yang tidak lekas dibayar.

Jasa Les Privat
Usaha sampingan yang dapat dilakukan mahasiswa selanjutnya ialah membuka jasa les privat. Usaha ini tentunya hanya bermodal kemampuan masing-masing individu mahasiswa dalam berbagai bidang pengetahuan. Les Privat ini ditujukan kepada anak-anak usia dari SD, SMP hingga SMA. Bisa juga bagi mahasiswa yang memiliki basic pendidikan agama yang kuat bisa membuka jasa privat agama. Usaha ini tentunya selain mendapat tambahan uang saku juga untuk menambah wawasan pengetahuan mahasiswa itu sendiri dan juga praktek bagi kalian yang memiliki basic sebagai pengajar.

Jasa Pengetikan
Kuliah selalu identik dengan tugas, tak jarang banyak mahasiswa yang malas mengerjakan tugas tersebut. Contoh makalah, dan tugas yang lain. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang lain yang mempunyai kemampuan lebih dan mengusai pengoperasian komputer. Jasa pengetikan ini juga termasuk usaha sampingan yang sangat menjanjikan.

Bisnis Online Shop
Bisnis online shop merupakan bisnis jual beli yang dilakukan secara online. Disini mahasiswa tidak perlu banyak modal untuk stok barang. Cukup bermodal hp dan jaringan internet serta bekerjasama dengan toko besar yang memiliki stok barang untuk dijual kembali oleh mahasiswa. Tentunya dengan perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak.

Jasa Desain Grafis
Sangat sedikit mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam desain grafis, ini menjadi kesempatan bagi kalian yang memiliki kelebihan itu atau yang belum bisa juga tak menutup kemungkinan untuk belajar terlebih dahulu. Karena hari ini sudah banyak tutorial yang tersebar luas untuk mendesain sebuah gambar. Jasa ini sangat menggiurkan, karena setiap desain yang dihasilkan emmiliki daya jual yang mahal.

Berjualan Makanan Ringan di Kampus
Jika kantin kampus letaknya cukup jauh dari ruang kuliah, ada sebuah bisnis yang dapat dijalankan, yaitu berjualan makanan ringan. Peluang bisnis ini muncul saat pergantian mata kuliah dan ada waktu jeda singkat di antaranya. Momen ini adalah peluang untuk berjualan makanan kecil di ruang kelas. Sebab makanan kecil, seperti snack dan air mineral sangat dibutuhkan untuk mengganjal perut yang lapar ketika sedang kuliah.

Jasa Fotografi
Bagi kalian mahasiswa yang memiliki kamera digital, usaha ini bisa dilakukan jika ingin mendapat penghasilan tambahan. Banyak kalangan yang suka difoto ketika ada moment tertentu misalkan wisuda, pre-wedding, dan yang lainnya. Dari tiap foto yang kalian hasilkan kalian akan dibayar sesuai dengan tarif yang kalian tentukan sendiri.

Jasa Pembuatan Souvenir
Selain foto, terkadang moment seperti wisuda, ulang tahun, banyak yang ingin memberikan kado atau souvenir sebagai kenang-kenangan bagi mereka yang wisuda. Ini bisa kalian manfaatkan jika kalian memiliki kreatifitas seni. Modalnya tidak banyak tergantung jenis souvenir yang akan dibuat. Terkadang malah banyak yang bergelut di jasa ini menggunakan bahan-bahan seadanya dan dibuat sekreatif mungkin.

Menjadi Penulis Lepas
Usaha sampingan terakhir yang bisa kalian lakukan sebagai mahasiswa untuk mendapatkan tambahan uang saku ialah menjadi penulis lepas. Banyak website atau media yang mau menerima dan membayar tulisan kalian. Baik tulisan berupa puisi, cerpen atau artikel. Lebih banyak hasilnya lagi jika kalian bisa menjadi seorang ghostwriter yaitu menjadi penulis buku sesuai pesanan atas nama sang pemesan. Modalnya yang paling penting ialah pengetahuan dan semangat kalian,

Dari setiap tulisan yang kalian buat kalian akan dibayar mulai dari Rp. 10.000 hinga Rp. 300.000 tergantung peraturan media tempat kalian mengirimkan tulisan tersebut.

Itu tadi berbagai macam usaha sampingan yang bisa kalian lakukan sebagai mahasiswa agar menghasilkan uang saku sendiri tanpa terus bergantung kepada oran tua. Tentunya masih banyak lagi hal lain yang bisa kalian lakukan asalkan kalian memiliki niat yang kuat dan mau berusaha.

0 Response to "10 Usaha Menjanjikan Bagi Mahasiswa"

Posting Komentar