8 Hal Positif yang Bisa Dilakukan Untuk Memulai Hari


Banyak hal yang bisa Anda lakukan setelah bangun tidur di pagi hari seperti melamun, berolahraga, memasak dan sebagainya . Tetapi tahukah Anda hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan dan berdampak baik kepada Anda untuk menjalani aktifitas seharian. Yuk kita cek aktifitas pagi yang bisa membuat Anda lebih bersemangat :

Bangun pagi sekali. Bangun pagi atau bangun lebih awal sangat baik untuk kesehatan karena akan membuat tubuh lebih segar. Beberapa manfaat lain dengan bangun pagi yaitu terhindar dari sikap malas, bisa melakukan banyak kegiatan di pagi hari seperti olahraga, mencegah penuaan dini dan awet muda.

Beribadah/berdoa. Setelah bangun pagi, sebaiknya luangkan waktu langsung untuk beribadah/berdoa. Bagi Anda yang muslim, dapat langsung sholat subuh dan bagi yang lainnya dapat memanjatkan doa tertentu. Orang yang sering berdoa akan mendapat ketentraman hati dan terhindar dari rasa cemas serta pikiran negatif.

Rencanakan apa yang akan anda lakukan hari ini. Ketika bangun tidur, sebaiknya Anda memikirikan rencana yang akan dilakukan hari ini, apa yang akan dilakukan dan bersama siapa melakukannya. Hal ini akan membuat hidup Anda lebih teratur dan terhindar dari stres. Jangan lupa untuk membuat rencana B atau C jika rencana awal yang Anda lakukan tidak dapat terealisasi.

Minum air putih. Minum air putih saat bangun tidur adalah kebiasaan yang sangat baik karena sekitar 8 jam semalam (saat tidur), tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan. Dengan minum air putih saat bangun tidur dapat mendatangkan manfaat seperti tubuh terasa lebih segar, tidak mudah mengantuk, membuang racun di tubuh. memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh serta peredaran darah. Oleh karena itu, minum air putih di pagi hari dapat menjadi prioritas Anda.

Olahraga. Waktu yang paling baik untuk berolahraga adalah pada pagi hari agar karena selama tidur, tubuh tidak bergerak secara aktif. Lakukan olahraga ringan dan sesuai kemampuan Anda seperti berjalan cepat, berlari atau bersepeda. Hal ini akan menjaga kesegaran tubuh dan konsentrasai dalam bekerja. Olahraga pagi dapat dilakukan selama 30 menit.

Mandi. Mandi merupakan hal wajib yang dilakukan setiap pagi. Selain untuk membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel juga dapat bermanfaat untuk membuat tubuh segar dan terhindar dari rasa kantuk.

Sarapan sehat. Setelah tidur semalaman, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang baik di pagi hari. Sarapan yang baik bukan yang mengenyangkan tetapi menyehatkan. Pilihan sarapan seperti buah-buahan dan sayuran sangat baik untuk dikonsumsi pada pagi hari. Kandungan serat yang tinggi dapat memperlancar pencernaan dan metabolisme serta tidak membebani kerja organ pencernaan di pagi hari.

Berjemur. Berjemur khususnya pada pagi hari sekita pukul 7 s.d 9 sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Sinar matahari dapat menyehatkan tulang, menutrisi kulit dan membuat tubuh awet muda. Sinar matahari pagi dapat mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D yang bermanfaat untuk tulang dan sinar UV matahari pagi bagus buat kulit.
Nah, itulah 8 kebiasaan baik yang dapat Anda lakukan pada pagi hari. Selamat mencoba!

0 Response to "8 Hal Positif yang Bisa Dilakukan Untuk Memulai Hari"

Posting Komentar