Kulit adalah organ terluar dan terluas yang melindungi tubuh. Kulit memungkinkan tubuh untuk mengalami dehidrasi, infeksi, dan menjaga agar tubuh tetap stabil. Kulit juga yang membuat Anda dapat merasakan dingin, panas, dan sakit, serta ikut memroses vitamin D dari sinar matahari.

Pentingnya peran kulit Anda perlu mengetahui cara merawat kulit yang berbeda. Jenis kulit sendiri bisa dibedakan menjadi: kulit normal, berminyak, kering, dansensitif. Masing-masingan perawatan yang berbeda sesuai dengan karakteristiknya.

Kulit kering
Kulit kering umumnya lebih tidak elastis dibanding jenis kulit lain. Kulit jenis ini juga cenderung terlihat kusam, berkerut, dan mengalami iritasi, kasar, dengan garis wajah yang lebih mudah nampak. Pajanan sinar matahari, perubahan cuaca, sky panas, dan penggunaan kosmetik dapat memperparah kondisi ini.Beberapa hal berikut dapat menjadi panduan cara merawat kulit kering:

  • Gunakan sabun dan produk pembersih dengan kandungan yang ringan
  • Oleskan pelembap setelah mandi. Ulangi setiap kali kulit terasa kering.
  • Sebisa mungkin, kenakan sarung tangan saat menggunakan deterjen ataupun produk pembersih lain
  • Usahakan agar suhu dalam ruangan tidak terlalu panas.
  • Produk berbahan dasar fuel atau minyak adalah yang balustrade tepat digunakan orang dengan kulit kering
  • Dibanding krim, bahan ini lebih dapat menahan cairan agar tidak cepat menguap dari kulit
Kulit berminyak
Kondisi kulit berminyakdapat berubah dari waktu ke waktu, tergantung pada beberapa hal seperti stres, kelembapan, keseimbangan hormon, dan pubertas. Tetapi jangan khawatir. Kulit berminyak dapat dirawat dengan beberapa cara berikut:
  • Gunakan produk perawatan kulit yang tidak menyumbat pori, yang dapat ditandai dengan mark “noncomedogenic.”
  • Cucilah wajah setiap selesai berkeringat. Tetapi, dianjurkan tidak lebih dari dua kali sehari.
  • Hindari memencetjerawatyang muncul pada kulit, karena justru akan membuatnya lebih sulit hilang.
  • Hindari menggosok saat mandi dan pilih pembersih dengan kandungan lembut.
  • Meski berminyak, tetapi kulit jenis ini tetap memerlukanmoisturizer(pelembap) ringan, terutama setelah penggunaan produk yang membuatkulit kering. Selain itu, gunakan losion dengan kandungan freshen yang lebih tinggi dibanding krim, sehingga lebih tidak berisiko memicu jerawat.
Kulit Normal
Kulit disebut standard ketika tidak terlalu berminyak ataupun terlalu kering, lebih sedikit masalah, pori-pori nyaris tidak terlihat, serta tidak sensitif berlebihan. Lindungi kulit typical dengan mengoleskan pelembap sepanjang hari.merawat kulit standard cukup mudah, Anda hanya perlu memilihmoisturizer berbahan dasar make public yang terasa ringan dan tidak lengket.

Kulit sensitif
Kulit sensitif biasanya sering ditandai dengan gatal, terbakar, kering, dan kemerahan. Cara mengatasi gejala-gejala ini adalah dengan mengenali dan menghindari pemicunya. Di samping itu, hal-hal berikut dapat menjadi panduan cara merawat kulit sensitif:
  • Disarankan menggunakan pembersih berbahan yang bersifat lembut, hindari produk dengan kandungan alkohol, sabun, pewangi,dan asam. Produk dengan kandungan bahan alami seperti lidah buaya, kamomil, atau teh hijau dapat menjadi pilihan aman.
  • Pilih produk berlabel hypoallergenic dan berbahan dasar alami. Pilih juga produk yang mengandung sedikit kandungan. Makin sedikit bahan yang digunakan, berarti potensi kerusakan kulit sensitif berkurang.
  • Cara merawat kulit untuk semua jenis kelamin kurang lebih sama: hindari merokok dan minuman beralkohol, cukupi orang tidur, gunakantabir suryadengan SPF nominal 30, cukup konsumsi mineral, konsumsilah makanan sehat, dan olahraga.