Bagi sebagian besar orang (kecuali bagi mereka yang suka membaca) kesan yang ada di benak mereka saat mendengar kata perpustakaan pasti adalah bangunan tua, sepi gelap, nggak asik dan ngebosenin. Namun tidak semua perpustakaan seperti itu ya guys. Masih ada kok perpustakaan yang indah, keren, mengagumkan, bahkan luar biasa!

Boston Public Library, Amerika Serikat


Perpustakaan Daerah Boston ini didirikan pada tahun 1895 dan terdiri dari tiga bangunan utama: ruang koleksi, ruang pameran, serta ruang adminstrasi. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 24 jenis koleksi beragam jenis dan seringkali menyelenggarakan pameran untuk memamerkan koleksi-koleksi langka yang dimiliknya.

Bodleian Library Universitas Oxford, Inggris


Ya, beberapa adegan di film Harry Potter memang diambil di perpustakaan milik Universitas Oxford, Inggris ini. Koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan ini mencapai angka lebih dari 11 juta judul. Namun selain itu, perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan tertua di Eropa, lho! Perpustakaan ini mulai dibangun sejak abad ke-17, tepatnya pada tahun 1602. Waaah itu berarti umur perpustakaan ini hampir 600 tahun!

Trinity College Library, Dublin


Perpustakaan yang berada di pusat kota Dublin ini adalah perpustakaan terbesar di Irlandia dan merupakan perpustakaan bagi dua universitas, yakni Trinity College Dublin dan University of Dublin. Koleksi yang tersimpan di perpustakaan ini mencapai lebih dari 6 juta judul buku yang terdiri atas majalah, jurnal, rekaman musik dan lain-lain.

Koleksi paling terkenal dari perpustakaan ini adalah Kitab Kell dan Kitab Durroy. Kedua kitab ini merupakan buku pencerahan agama Kristen bagi Suku Kelt – sebuah suku di Eropa yang juga merupakan nenek moyang orang Irlandia, Skotlandia, Wales, dan Breton – dan sering dianggap sebagai buku yang paling indah yang ada di dunia.

The Austrian National Library, Austria


Perpustakaan Nasional Austria adalah perpustakaan terbesar di Austria dan termasuk salah satu perpustakaan kuno di Eropa. Dibangun di era dinasti Habsburg di abad ke-18, perpustakaan ini dulu juga dikenal dengan nama Hof-Bibliothek (Perpustakaan Istana). Tapi nama ini berubah menjadi Österreichische Nationalbibliothek (Perpustakaan Nasional Austria) ketika Austria menghapuskan sistem monarkinya. Koleksi perpustakaan ini sendiri mencapai lebih dari 7 juta judul.

New York Public Library, Amerika



Perpustakaan ini dibangun pada tahun 1895 dan menjadi salah satu perpustakaan utama di Amerika Serikat. Saat ini koleksi yang dimiliki perpustakaan ini mencapai lebih dari 53 juta item sehingga perpustakaan ini masuk dalam jajaran perpustakaan terbesar kedua di Amerika dan menjadi terbesar ketiga di dunia

The National Library of Russia, St. Petersburg, Rusia


Perpustakaan Nasional Rusia ini didirikan pada tahun 1795 di kota St. Petersburg dan menjadi perpustakaan tertua di negara ini. Pada awalnya, perpustakaan ini lebih dikenal dengan nama Imperial Public Library atau Perpustakaan Umum Milik Kerajaan. Namun setelah Revolusi Bolshevik tahun 1917 menggulingkan Kerajaan Rusia dan membunuh Tsar serta keluarganya,  perpustakaan ini berubah menjadi State Public Library atau Perpustakaan Umum Milik Negara — nama yang dipertahankan hingga saat ini.

Koleksi perpustakaan ini lebih banyak didominasi dengan buku-buku yang membahas Rusia dengan jumlah koleksi mencapai lebih dari 36 juta buku, yang menjadikan perpustakaan ini menjadi perpustakaan terbesar nomor 5 di dunia.

Kyoto International Manga Museum, Jepang


Buat kamu-kamu penggila komik manga asal negeri Sakura, perpustakaan ini tentu menjadi perpustakaan yang wajib banget kamu kunjungi.

Di sini kamu bisa mendapati seluruh koleksi manga, baik yang berasal dari Jepang maupun dari luar Jepang. Namun tidak hanya mendapati manga, kamu juga bisa melihat kerajinan-kerajinan tangan yang dihasilkan masyarakat Jepang mulai dari zaman peperangan hingga zaman modern sekarang ini. Selain itu kamu juga bisa melihat anak-anak kecil yang kawai, karena di sini juga ada sekolah dasarnya lho!