Inspirasi Pose Yoga Untuk Tubuh yang Lebih Oke dan Sehat



Yoga telah dikenal berabad-abad lamanya dan penelitian membuktikan bahwa dengan melakukan latihan yoga secara rutin dapat meningkatkan kemampuan fisik, mental, dan kesehatan spritual, termasuk fleksibilitas, kebugaran, keseimbangan, kekuatan otot tulang belakang.

Berikut beberapa gerakan dasar tetapi sangat efektif untuk semua orang, mulai dari pemula sampai kepada profesional.

1. Downward facing dog


Pose ini bekerja untuk meregangkan dan menguatkan keseluruhan tubuh dan salah satu pose paling penting dalam yoga.

Posisi tubuh pada lantai. Jaga pergelangan tangan di bawah bahu dan posisi lutut di bawah pinggul. Tekan kedua tangan ke lantai dan kuatkan kedua kaki dengan posisi ke atas sehingga membentuk posisi "downward dog". Jika perlu, pertahankan posisi ini selama 5 tarikan dan hembusan nafas.

2. Plank


Meskipun ini adalah salah satu latihan terbaik untuk memperkuat inti tubuh kita, latihan plank benar-benar bermanfaat untuk keseluruhan tubuh. Trik ketika melakukan plank adalah mengendalikan nafas dengan baik.

Bahu harus tepat di atas siku, punggung lurus dan jika mampu angkat kaki ke atas, dan jika tidak mampu cukup posisi lutut di atas lantai saja. Hal terpenting dalam melakukan pose ini adalah kita harus menjaga posisi badan lurus mulai dari atas kepala ke kaki atau pinggul kita.

3. Upward plank pose


Ini adalah pose yang sangat bagus untuk meregangkan tubuh bagian atas, serta meningkatkan kekuatan lengan, kaki dan inti tubuh kita juga meningkatkan keseimbangan. Mulailah dengan menempatkan tangan di belakang saat kita menghadap ke arah kaki kita. Angkat pinggul, rentangkan satu kaki dan diikuti oleh kaki satunya dengan jari-jari menekan ke lantai.

4. Extended side angle pose


Pose ini dirancang untuk bekerja di sisi pinggang dan memperkuat kaki,  meregangkan pinggul, paha belakang, betis, bahu, dada, dan tulang belakang. Ini juga membantu membuka paru-paru, memperbaiki pencernaan dan membantu menghilangkan stres.

Mulailah dengan menjejakkan kaki kita, kaki kiri dipanjangkan hingga mencapai lebar lengan kita. Putar kaki kanan hingga membentuk sudut 90ยบ. Putar pinggul ke arah belakang dan julurkan tangan kanan ke depan. bungkukkan dan letakkan tangan kanan di pergelangan kaki, tulang kering, lutut atau lantai sambil mengulurkan tangan kiri kita ke atas. Ulangi pada sisi yang berlawanan.

5. Tree


Jika teman-teman baru di dunia yoga, berlatih pose ini adalah pose yang baik untuk memulai. Ini akan meningkatkan keseimbangan dan mengajari kita cara bernapas dengan baik. Latihan ini juga memperkuat dan menyetel otot kaki, pergelangan kaki dan paha bagian dalam.

Mulailah dengan kedua kaki, kemudian perlahan angkat lutut kiri ke atas dan pegang letakkan kaki kiri di bagian paha dalam atas atau betis bawah bagian dalam (berhati-hati untuk menghindari area lutut kita) dan angkat lengan ke atas. Tahan selama 8-10 kali napas, lalu pindah sisi.

6. Warrior


Pose ini juga merupakan salah satu pose utama dalam banyak latihan yoga. Sangat penting untuk meningkatkan kekuatan inti seluruh tubuh bagian bawah, juga bagus untuk peregangan pinggul dan paha.

Ambil langkah besar ke belakang dengan kaki kanan, letakkan telapak kaki rata di atas matras. Gulung bahu ke belakang dan angkat dada. Angkat tangan dengan kedua telapak tangan. Tahan selama 8-10 napas, lalu pindah sisi.

0 Response to "Inspirasi Pose Yoga Untuk Tubuh yang Lebih Oke dan Sehat"

Posting Komentar