Cara Mudah Untuk Melatih Kemampuan Listening Bahasa Inggris


Listening ataupun mendengar kata/kalimat dalam bahasa Inggris merupakan instrumen penting untuk memudahkan komunikasi dalam bahasa Inggris. Selain itu, soal-soal tes bahasa Inggris, misalnya TOEFL, ataupu IELTS juga mewajibkan peserta tes harus mampu menguasai soal-soal listening yang merupakan bagian dari tes tersebut. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat melatih listening atau pendengaran kita terhadap bahasa Inggris. Ikutilah 4 tips berikut:

Biasakan untuk menonton video berita dalam bahasa Inggris. Siaran berita bahasa inggris sangat banyak di layar kaca, seperti misalnya CNN, NHK, BBC dan lainnya. Berita bahasa Inggris juga mudah kita dapatkan melalui situs online. Lakukan kegiatan tersebut, menonton dan mendengarkan berita bahasa Inggris selama 5-10 menit setiap harinya selama 2 minggu.

Waktu yang paling tepat untuk mendengarkan berita yaitu setelah shalat shubuh di pagi hari karena fikiran dan kondisi tubuh kita masih segar. Untuk memudahkan kita memahami berita dalam bahasa Inggris sebagaimana tips diatas, kita harus membaca dahulu berita yang sedang tren dan hits dalam bahasa Indonesia, baru kemudian kita mendengarkan berita tersebut dalam bahasa Inggris.

Jangan khawatir bila kita tidak mengetahui arti ataupun makna keseluruhan dari berita tersebut, karena kita hanya melatih telinga kita untuk membiasakan mendengarkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris.

Mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris. Usahakan agar mempunyai satu atau beberapa lagu yang kita suka dalam bahasa Inggris. Lalu dengarkan selama 5-10 menit setiap hari selama 2 minggu. Akan lebih baik, bila kita mencari susunan kata/kalimat dari lagu tersebut, sehingga kita akan lebih fokus dalam mendengarkan musiknya serta mengikuti kata dan kalimatnya.

Upayakan agar dalam memilih lagu, tidak banyak menggunakan istilah atau kata-kata slang,atau kata-kata umum yang tidak digunakan sebagai kata resmi dalam bahasa Inggris, karena akan mempengaruhi pendengaran kita. Biasanya lagu lawas atau lama menggunakan kata-kata bahasa Inggris yang formal dan resmi.

Setelah kita bisa menghafal lagu diatas, rekamlah lagu tersebut dengan suara kita sendiri. Lalu dengarkan dan nyanyikan kembali. Usahakan alur irama dan nada mengikuti musik, sehingga pendengaran kita akan lebih terarah untuk terbiasa mendengarkan kalimat dalam bahasa Inggris. Lakukan setiap hari selama 5-10 menit.

Terakhir, dengarkan tutorial atau materi kuliah yang disampaikan oleh pengajar atau dosen dalam bahasa Inggris. Biasanya, pengantar kuliah dalam bahasa Inggris disampaikan secara teratur dan dalam tempo yang tidak terburu-buru. Perhatikan bunyi intonasi dari setiap kata yang disampaikan, lalu praktekkan kata-kata tersebut. Hal ini akan membantu pendengaran kita untuk lebih memahami istilah dari setiap kata-kata yang kita dengar. Lakukan hal ini setiap hari selama 5-10 menit secara terus menerus selama 2 minggu.

Itulah beberapa tips dalam melatih pendengaran kita untuk mampu berkomunikasi ataupun menjawab soal-soal bahasa Inggris khususnya listening. Tips diatas akan dapat bermanfaat bila kita konsisten dan mempunyai keinginan yang kuat untuk melatih pendengaran kita dalam mempelajari listening bahasa Inggris. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Mudah Untuk Melatih Kemampuan Listening Bahasa Inggris"

Posting Komentar