Menurut penelitian, mandi pagi dengan air dingin memiliki banyak manfaat. Mandi pada pukul 04:00 pagi sangat bagus dilakukan setiap hari. Karena saat kita bangun dari tidur tubuh kita yang kaku dan sangat bagus dirangsang dengan air dingin di pagi hari. Adapun manfaat dari mandi pagi dengan air dingin

Meredakan gejala depresi
Ketika mengalami depresi seseorang akan merasa sedih, putus harapan, merasa tidak berharga, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya disukainya, atau menyalahkan diri sendiri.

Terapi air dingin dapat mengaktifkan kinerja sistem saraf yang akan meningkatkan aliran darah, serta pelepasan hormon yang dapat membantu orang yang depresi merasa lebih terjaga atau merasa segar. Selain itu, air dingin dapat memicu pelepasan hormon endorfin yang bekerja melawan hormon stres, serta menghasilkan serotonin, zat kimia di dalam otak yang dapat meredakan depresi.

Membantu bangun tidur
Susah bangun tidur walau sudah memakai alarm beberapa kali, Sudah di kamar mandi tapi mata masih tertutup seperti diberi lem? Coba saja mandi pagi dengan air dingin, dijamin badan akan langsung terjaga dan mata langsung melek. Ketika terkena air dingin, tubuh menjadi kaget dan berujung pada meningkatnya denyut jantung serta asupan oksigen ke dalam tubuh.

Membantu melawan penyakit
Mandi pagi dengan air dingin diduga dapat merangsang sel darah putih(leukosit) dalam aliran darah kita. Leukosit berfungsi melawan infeksi di dalam tubuh. Dengan kata lain, mandi pagi dengan air dingin bisa membantu tubuh kita berperang melawan serangan penyakit, seperti pilek dan flu.

Meningkatkan sirkulasi darah
Mandi pagi dengan air dingin membuat tubuh bekerja sedikit lebih keras untuk mempertahankan suhu tubuh normal. Jika dilakukan secara teratur, mandi air dingin juga dapat membuat sistem sirkulasi kita lebih efisien, membantu darah bergerak dengan lebih cepat ke seluruh tubuh, dan diduga membuat kulit terlihat lebih sehat.

Meringankan nyeri otot
nyeri otot setelah olahraga atau menjalani aktivitas fisik tertentu merupakan hal yang pernah dialami oleh hampir setiap orang. Untungnya, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri ini, yaitu beristirahat, mengurangi intensitas olahraga, dan mandi air dingin. Sejauh ini belum diketahui pasti apa yang menyebabkan nyeri otot berkurang setelah mandi air dingin, namun diduga berkaitan dengan efek relaksasi dan aktivitas saraf yang dapat meredam efek nyeri.

Jika ingin mencoba metode hidroterapi, Anda dapat berendam di dalam air dingin atau mandi seperti biasa. Yang perlu Anda ingat bahwa suhu air harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh. Jangan sampai air terlalu dingin atau mandi terlalu lama, karena bisa berdampak pada suhu normal tubuh dan berisiko menimbulkan hiportemia

Menghaluskan kulit dan merawat rambut
Ingin punya kulit dan rambut yang sempurna? Ternyata penampilan dapat semakin baik dengan bantuan mandi air dingin. Air panas ternyata memiliki kecenderungan dapat mengeringkan kulit sementara air dingin dapat mengencangkan pori-pori sehingga mencegah kotoran masuk ataupun pori-pori tersumbat. Jessica Krant, seorang ahli dermatologi mengatakan air dingin dapat mengencangan kulit karena memperlancar aliran darah. Pada rambut, air dingin dapat membuat rambut lebih bersinar, kuat dan sehat.

Menurunkan berat badan
Penelitian seputar hubungan mandi air dingin dan berat badan sudah dilakukan berpuluh tahun yang lalu. Salah satu studi yang cukup terkenal diterbitkan pada 1985 dalam Journal of Applied Psychology. Dalam penelitian ini, para peneliti juga melihat hubungan pembakaran kalori dan lemak pada pria dengan kegiatan mandi air dingin. Mereka menemukan bahwa air dingin membuat karbohidrat berubah menjadi energi agar membuat tubuh tetap hangat.