5 Alasan Mengejutkan Pemicu Rambut Mudah Rontok


Hampir sebagian besar orang mengalami kerontokan pada rambutnya. Ternyata, beberapa keadaan seperti kondisi kesehatan atau gaya rambut tertentu bisa memicu rambut rontok dan menipis.

Kondisi pada tubuh saat ini berperan penting pada kesehatan rambut. Bahkan, gaya rambut tertentu atau pemakaian alat pada rambut bisa berdampak pada kerontokan rambut. Berikut beberapa hal pemicu rambut rontok dilansir dari laman Reader's Digest, Rabu 4 Juli 2018.

1. Baru melahirkan
Saat hamil, wanita memiliki hormon yang memicu rambutnya nampak tebal dan bersinar. Usai melahirkan, hormon tersebut menurun dan memicu rambut rontok. Namun, tak perlu khawatir, karena kondisi rambut akan kembali seperti semula setelah beberapa bulan masa postpartum.

2. Pola makan
Pola makan turut berperan pada kesehatan rambut Anda. Saat nutrisi tercukupi, sel di folikel rambut akan tumbuh dengan cepat dibandingkan bagian tubuh lainnya. Kekurangan beberapa nutrisi seperti vitamin B, zink, dan zat besi membuat siklus rambut tersebut terhambat, dan membuat rambut menjadi rontok.

3. Gaya rambut
Cara Anda menata rambut dalam keseharian berpengaruh pada kesehatan rambut. Seperti gaya rambut ponytail yang terlalu kencang atau ekstensi rambut, membuat folikel rambut stres dan kerontokan terjadi. Disarankan untuk menggunakan ikat rambut yang lebih longgar atau mengurai rambut sesering mungkin.

4. Memakai alat pemanas rambut
Mungkin Anda sering menata rambut menjadi keriting atau lurus dengan alat pemanas rambut. Namun, pemakaian terlalu sering dapat memicu rambut mengalami kerontokan. Pemakaian alat pemanas rambut dengan suhu 230 derajat celcius atau lebih berpotensi merusak rambut. Coba untuk memasang alat pemanas dengan kondisi medium atau panas yang rendah.

5. Memakai topi terlalu sering
Topi bisa memberikan perlindungan pada rambut dari bahaya matahari dan polusi lingkungan. Tapi, pemakaian topi terlalu sering dapat memberi gesekan, dan memicu peradangan pada folikel rambut. Ada baiknya untuk tidak menggunakan topi terlalu sering, dan sebagai ganti proteksi rambut bisa kenakan penyemprot pelindung rambut dari bahaya sinar matahari.

0 Response to "5 Alasan Mengejutkan Pemicu Rambut Mudah Rontok"

Posting Komentar