Subhanallah, Ternyata Ini 20 Manfaat Sujud untuk Kesehatan dalam Islam


Mungkin, banyak dari kita umat muslim yang tidak mengerti dan memahami apa hikmah yang ada saat bersujud. Perlu diketahui bahwa Allah Maha Bijaksana, Dia takkan pernah menyuruh hambanya untuk melakukan sesuatu kecuali ada maksud tertentu dan juga mengundang manfaat.

Sholat wajib dan beberapa sholat lainnya merupakan perintah wajib yang sudah diberikan Allah SWT. Dalam sholat, ada banyak gerakan yang dilakukan dan sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Saat sholat, kita melakukan sujud dalam 2 bentuk yakni sujud secara fisik dan juga sujud secara spiritual dalam bentuk ketaatan kita pada perintah Allah SWT. Ada banyak manfaat sujud yang selalu kita lakukan saat sedang menjalankan sholat dan berikut ini adalah manfaat yang di dapatkan ketika bersujud:

1. Melancarkan Aliran Getah Bening
2. Mengalirkan Oksigen
3. Memudahkan Persalinan
4. Melancarkan Pencernaan dan Cegah Wasir
5. Memperbaiki Fungsi Kelenjar Susu
6. Meningkatkan Kecerdasan Otak
7. Mencegah Penyakit Kulit di Wajah
8. Bernafas Lebih Baik
9. Menguatkan Otot Betis
10. Menghilangkan Pusing dan Migrain
11. Menguatkan Beberapa Otot Tubuh
12. Mengatasi Insomnia
13. Meningkatkan Sisi Psikologis
14. Mengatasi Gangguan Persendian
15. Mencegah Sakit Gelombang Perut
16. Mengurangi Sakit Apendiks
17. Meringankan Sakit Hernia
18. Mengurangi Cemas dan Stres
19. Meningkatkan Ketenangan
20. Memperindah Bentuk Tubuh

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu’.” Lalu Ma’dan berkata, “Aku pun pernah bertemu Abu Darda’ dan bertanya hal yang sama. Lalu sahabat Abu Darda’ menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsauban padaku.” (HR. Muslim no. 488)

“Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan sholat sunnat hingga Aku pun mencintainya. Jika Aku mencintainya, maka pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, penglihatan yang ia gunakan untuk melihat, tangan yang ia gunakan untuk menyentuh, dan kaki yang ia gunakan untuk berjalan akan Aku beri taufik” (HR. Al Bukhari no. 6502).

Gerakan sujud dalam sholat tergolong unik. Falsafahnya adalah manusia menundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis), gerakan ini mengantar manusia pada derajat setinggi-tingginya.

0 Response to "Subhanallah, Ternyata Ini 20 Manfaat Sujud untuk Kesehatan dalam Islam"

Posting Komentar