Minuman Khas Jogja yang Nikmatnya Sampai Kebawa ke Mimpi!


Selain dikenal dengan kota pelajar dan kota gudeg. Ternyata kota jogja juga masih banyak menyimpan barang yang lain. Salah satunya yaitu minuman khas Jogja yang bisa membuat para penikmatnya menjadi ketagihan karena kenikmatan dan kesegaran minuman tersebut.

Di artikel kali ini akan mengupas apa saja minuman khas Jogja yang selama ini memikat dan menjadi salah satu minuman khas warga dan wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Wedang Uwuh


Wedang uwuh adalah salah satu minuman yang banyak diminati oleh masyarakat sekitar, dan uwuh sendiri memiliki arti sampah. Minuman ini bukan dari sampah dalam arti yang sebenarnya lo ya. Kenapa kok kesulitan sampah, karena wedang uwuh ini didalamnya banyak mengandung dedaunan (isi khusus) yang terlihat seperti sampah.

Wedang uwuh ini memiliki warna merah yang diakibatkan karena penggunaan kayu secang didalamnya. dan wedang uwuh ini memiliki cita rasa yang unik yaitu rasa pedas yang didapat dari jahe, rasa segar yang berasal dari beragam jenis barang yang ada didalamnya.

Adapun bahan-bahan untuk membuat wedang uwuh yaitu cengkeh, jahe, serai, kayu manis, pala, kapulaga, kayu secang dan yang terakhir yaitu gula batu.

Wedang uwuh ini adalah salah satu minuman khas tradisional Imogiri, Yogyakarta. Wedang uwuh ini banyak dijumpai di daerah terminal Imogiri, Kabupaten Bantul, yang berdekatan dengan komplek makan Raja Mataram.

Wedang Ronde


Minuman khas yang selanjutnya yaitu wedang rode. Sudah pernah nyobain wedang ronde? Biasanya sih wedang ini sangat cocok bila disseruput pada malam hari, sambil menigkmati indahnya alun-alun jogja dan udara dingin yang menerpa kulit ini.

Minuman yang satu ini bukan asli dari Jogja, namun hasil dari perpaduan budaya kuliner Tianghoa dan Indonesia. Yang kemudian dibuat minuman dengan cita rasa lokal yang disesuaikan dengan lidah warga Jogja.

Wedang ronde ini terbuat dari jahe yang dicampurkan dengan gula dan diberikan roti tawar dipotong kecil-kecil, kacang tanah yang sudah dihaluskan dan dibentuk seperti bola-bola.

Es Semlo


Minuman khas Jogja yang selanjutnya yaitu es semlo. Sudah pernah nyoba belum? atau palah baru dengar kalo di Jogja ada es semlo?

Mungkin bagi sebagian orang jarang mendengar es semlo ini, karena es semlo ini sangat jarang ditemukan di pinggir jalanan Jogja. Es semlo ini merupakan minuman khas kraton Yogyakarta dan menurut cerita bahwa es semlo ini adalah minuman kesukaan Sultan Hamengkubuwono IX.

Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja wisata kuliner ke kota Jogja, dan jangan lupa beli oleh-oleh untuk keluarga ya!

0 Response to "Minuman Khas Jogja yang Nikmatnya Sampai Kebawa ke Mimpi!"

Posting Komentar