Jajanan Tradisional di Pasar Gedhe Solo yang Wajib Kamu Coba !


Tak lengkap rasanya mengunjungi kota Solo tanpa mencicipi jajanan tradisionalnya. Puas menelusuri kawasan bersejarah dan berburu batik Solo. Kamu perlu mampir ke Pasar Gedhe Solo untuk berkuliner ria. Pasar Gedhe atau Pasar Harjonagoro merupakan pasar bersejarah di Kota Solo. 

Bangunan pasar yang dirancang oleh arsitek Belanda bernama Ir. Thomas karsten tahun 1927 hingga 1930. Pasar Gedhe merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Solo. Nah, berikut ulasan jajanan pasar yang wajib kamu coba! Bahkan beberapa telah menjadi jajanan legendaris loh.

Lenjongan


Lenjongan termasuk jajanan tradisional khas Solo. Lenjongan dibuat dari bahan dasar singkong. Biasanya isi lenjongan terdiri dari gethuk, cenil, klepon, ketan hitam, ketan putih, sawut, tiwul yang disiram gula merah cair dan parutan kelapa. Rasa kenyal dipadu dengan manisnya gula jawa menjadi cemilan yang pas di lidah.

Cabuk Rambak


Cabuk Rambak salah satu kuliner khas solo. Terbuat dari ketupat nasi yang diiris tipis-tipis lalu disiram dengan saus wijen yang dicampur kemiri serta kelapa parut yang disangrai terlebih dahulu. ciri khas cabuk rambak dihidangkan dengan “pincuk” atau wadah dari daun pisang yang dilipat. Nama 'cabuk' mengacu pada wijen (ada sejenis sambal khusus yang terbuat dari wijen bakar).

Cabuk rambak lengkap dengan karak Solo. Cabuk rambak biasa dijual lengkap dengan kuliner Nasi Liwet. Cita rasa cabuk rambak sungguh maknyus enggak kalah sama jajanan kekinian. Kamu belum ke Solo kalau belum mencicipi kuliner yang satu ini.

Es Gempol Pleret


Sajian minuman menyegarkan khas Solo. Es gempol pleret terdiri dari bulatan-bulatan tepung beras seukuran ibu jari yang dicampur dengan kuah santan dan gula merah cair. Perpaduan gurih dan manis dengan tambahan segarnya es batu. Apalagi diminum waktu cuaca lagi panas, seger banget pastinya.

Brambang Asem


Jajanan tradisional yang satu ini mungkin sudah jarang ditemui. Namun, di Pasar Gedhe Solo kamu bisa mencicipi jajanan legendaris ini. Brambang asem terdiri dari daun ubi, daun jelegor dicampur sambal asam Jawa yang terasa pedas manis. Brambang asem bia disantap dengan kerupuk renyah atau karak Solo yang terbuat dari beras tumbuk.

Tahok


Tahok termasuk jajanan legendaris khas Solo. Ini terbuat dari sari kedelai yang disajikan dengan kuah manis dari air jahe gula Jawa. Tahok atau yang lebih dikenal dengan kembang tahu merupakan kuliner khas China yang mengenyangkan.

0 Response to "Jajanan Tradisional di Pasar Gedhe Solo yang Wajib Kamu Coba !"

Posting Komentar