Mengalami Depresi? Kelima Cara ini Ampuh Untuk Menghadapi Stress!


Setiap orang tentunya pernah mengalami kejadian buruk di masa lalu. Kejadian tersebut dapat berupa kecelakaan, kehilangan orang tersayang, disakiti orang terdekat, orang tak di kenal bahkan bukan tidak mungkin bersumber dari diri sendiri. Tak jarang kejadian tersebut justru membuat orang trauma dan terikat oleh masa lalu.

Trauma beresiko memicu stress berkepanjangan, depresi  bahkan masuk kedalam tahap penyakit jiwa. Namun, setiap orang mempunyai kendali atas hidup yang dijalani. Untuk itu di artikel ini akan memberitahukan 5 cara ampuh untuk menghadapi trauma masa lalu. Yuk disimak!

Mengampuni Masa Lalu
Mengampuni dalam hal ini mengandung pengertian lebih dalam dibanding kata memaafkan. Mengampuni artinya merelakan apa yang terjadi dalam hidup anda. Mengampuni erat kaitannya dengan anda dan orang lain. Hal yang anda perlu ketahui bahwa anda berhak mendapatkan kedamaian dalam hidup. Kedamaian hanya dapat anda capai ketika anda memutuskan untuk mengampuni setiap orang yang melukai anda bahkan mengampuni diri sendiri.

Berpikiran Positif
Memilih berpikiran positif ketika anda mengalami trauma adalah keputusan yang sulit. Hal yang paling mendominasi tentunya luka dan ketakutan dihati anda. Namun perlu diingat kembali bahwa anda punya kuasa untuk melihat sisi positif dari kejadian yang anda alami. Kejadian traumatis sangat mungkin membuat anda menjadi pribadi yang lebih kuat dan inspiratif. Pastinya anda harus memilih kemana arah berpikir anda. Ala bisa karena biasa.

Berbagi Hidup
Anda perlu menceritakan kejadian traumatis yang anda alami kepada orang terdekat yang memahami anda. Kelegaan akan anda dapatkan ketika berbagi dengan orang lain. Anda akan memperoleh pandangan positif yang mungkin tidak anda pikirkan sebelumnya. Beban yang berat dapat menjadi ringan bahkan hilang melalui orang yang mendengar dan membangun anda. Anda juga dapat menjadi pribadi yang inspiratif untuk orang lain dalam menjalankan hidup.

Bersyukur
Seringkali kata “bersyukur” terucap namun tak benar adanya. Saat mengalami trauma, seringkali orang melihat apa yang hilang dari dirinya namun tak menghitung berkat Tuhan yang baru setiap hari. Setiap orang akan merasa cukup hanya dengan bersyukur atas hidup yang dia jalankan. Percayakah anda bahwa kebaikan Tuhan tak tertandingi dengan trauma masa lalu anda?

Berdoa
Berdoa adalah cara terbaik untuk menyembuhkan trauma anda dimasa lalu. Berdoa akan `membangun hubungan pribadi anda dengan Tuhan. Anda harus percaya bahwa kuasa doa sangat besar. Ceritakan segalanya terlebih dahulu kepada Tuhan maka Ia akan mengangkat beban anda dan memberikan kelegaan kepada anda.

Memang benar trauma di masa lalu dapat menimbulkan perasaan takut untuk memulai kembali.  Namun, satu hal yang pasti bahwa setiap orang mempunyai kemampuan untuk menghilangkan trauma dalam hidupnya. Semuanya kembali kepada keputusan yang anda pilih. Apa yang anda putuskan hari ini menentukan anda dimasa depan.

0 Response to "Mengalami Depresi? Kelima Cara ini Ampuh Untuk Menghadapi Stress!"

Posting Komentar