Manfaat Roti Gandum yang Lebih Bergizi dari Roti Biasa


 Siapa ya yang ga suka sama roti? Baik anak-anak, dewasa, orang tua, laki-laki maupun perempuan umunya menyukai roti. Roti juga dapat berguna sebagai pengganti nasi, namun bagi orang Indonesia, roti bukan menjadi makanan pengganti melainkan pengganjal sampai menemukan nasi.

Baik pengganti dan pengganjal semua orang setuju jika roti memang sangat enak apalagi jika ditambahkan mentega, gula pasir, selai ataupun cokelat rasa enaknya akan berkali-kali lipat lagi.
Umumnya roti kosong yang dikonsumsi kebanyakan orang dibagi menjadi 2 yaitu roti tawar dan roti gandum. Banyak orang saat ini mengkonsumsi roti tawar lebih tinggi dibandingkan roti gandum.

Tahukah kamu jika roti gandum memiliki keunggulan dibandingkan roti tawar? Berbagai kelebihannya yaitu:

Diet
Jika kamu sedang diet, maka mengkonsumsi roti gandum adalah makanan yang tepat.kenapa? Karena dalam setangkup roti gandum terkandung banyak sekali serat yang berfungsi sebagai penghambat datangnya lapar lagi. Setangkup roti gandum juga berkalori 135. Ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan roti tawar yang memiliki kalori sebesar 175.

Vitamin
Roti gandum memiliki lebih banyak vitamin di dalamnya karena dibuat dari gandum utuh sedangkan roti tawar dibuat dari proses penggilingan yang berulang-ulang. Vitamin yang terdapat dalam roti gandum juga terdapat utuh dalam gandum tersebut. Itu sebabnya roti gandum bertekstur lebih kasar. Beda dengan roti tawar yang sangat halus. Vitamin yang didapatkan di roti tawar umumnya sudah berupa ekstraksi.


Mencegah penyakit jantung
Tahukah kamu jika roti gandum dapat mencegah datangnya penyakit jantung yang sangat berbahaya dan mematikan? Ini dikarenakan semua vitamin alami yang ada dalam roti gandum, bukan vitamin yang diekstrakan ke dalamnya. Ini membuat vitamin tersebut lebih mudah terserap dalam tubuh dan beberapa diantaranya menjaga kesehatan jantung kita.

Obat untuk penderita diabetes
Diabetes adalah penyakit yang sangat dihindari semua orang. Baik tua maupun muda sangat menakuti penyakit yang 1 ini karena pola makan harus benar-benar dijaga. Nah buat kamu yang terkena diabetes, mengkonsumsi roti tawar secara rutin akan menjaga pola makan kamu loh. Karena roti gandum menganduk indeks glikemik yang yang jauh lebih rendah dibandingkan roti tawar. Indeks glikemik dalam makanan yang tinggi dapat membuat gula darah cepat naik.

Musuh kolesterol
Kolesterol jahat? Ga akan ada lagi deh kalo kamu sering mengkonsumsi roti gandum. Roti gandum dapat mengikat asam lemak jenuh dalam darah kamu yang bisa menjadi kolesterol jahat. Wah kamu harus sering mengkonsumsi makanan sehat ini ya mulai sekarang.

Dari sekian keunggulan roti gandum. Apa kamu masih enggan memasukkannya ke dalam daftar makanan sehat kamu? Yuk, kita mulai hidup sehat!

0 Response to "Manfaat Roti Gandum yang Lebih Bergizi dari Roti Biasa"

Posting Komentar