Macam-macam Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan



Bagi kamu penggemar buah naga mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Serikat ini. Buah yang dihasilkan dari tanaman kaktus ini bisa tumbuh di daerah dengan ketinggian 0-350 mdpl. Buah naga yang berbentuk bulat agak lonjong ini memiliki warna merah dan kulitnya dipenuhi dengan jumbai yang menyerupai sisik naga.

Tanaman buah naga pada tahun 1870 dimanfaatkan oleh orang Vietnam dan China sebagai persembahan pada meja altar karena dianggap membawa berkah. Namun, di Indonesia sendiri manfaat buah naga digunakan sebagai makanan dan minuman. Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Naga untuk Program Diet

Buah yang memiliki kandungan rendah kalori ini sangat baik dijadikan alternatif diet dengan menjaga pola makan yang sehat dan aman.

Membakar Lemak

Kandungan nutrisinya yang tinggi pada buah naga ternyata mampu membakar lemak tubuh secara efektif dan alami.

Menurunkan Berat Badan

Saat diet, Anda tetap bisa merasa kenyang tanpa menaikkan berat badan dengan buah naga yang kaya akan serat dan rendah kalori. Buah naga juga mampu memperlancar pencernaan karena mengandung banyak air.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan fiber atau serat yang tinggi pada buah naga mampu membantu serta membersihkan pencernaan dan mengobati sembelit. Konsumsilah daging buah naga yang mengandung protein sehingga membuat tubuh Anda sehat dan segar.

Sebagai Menu Makan Diet

Kandungan serat dan nutrisi yang tinggi serta protein pada buah naga sangat membantu program diet Anda. Buah naga juga bisa membuat Anda kenyang tanpa khawatir menambahkan berat badan dengan cara berikut ini :

Bahan-bahan :
  • 2 buah naga
  • 100 cc air
  • Susu kental manis, gula rendah lemak, dan es batu secukupnya
  • Cara membuat :
  • Kupas buah naga dan potong kecil-kecil
  • Masukkan potongan buah naga dan bahan lainnya lalu haluskan dengan blender
  • Campur hingga rata
  • Tuang jus ke dalam wadah atau gelas


Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Mengatasi Anemia

Buah naga yang kaya akan zat besi sebagai penyusun utama dalam pembentukan sel darah merah terbukti mampu mencegah dan mengatasi anemia atau kurang darah.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Mengonsumsi buah naga dengan kandungan vitamin C berfungsi baik untuk meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh, sehingga mampu mencegah dari berbagai macam serangan penyakit.

Mencegah Keguguran dan Kelahiran Prematur

Asam folat yang terkandung pada buah naga mampu mencegah keguguran, kelahiran prematur, dan memperkuat janin dalam kandungan.

Manfaat Buah Naga untuk Meringankan Asma dan Batuk

Kandungan lemak omega 3 dan omega 6 pada biji buah naga mampu meringankan gangguan respirasi bagi penderita asma dan batuk.

Karena rasa buah ini yang cukup nikmat, maka untuk manfaat buah naga bagi kesehatan juga seharusnya tidak akan sulit. Adapun untuk pengobatannya Anda bisa mengonsumsi buah naga dengan berbagai macam olahan, seperti jus, smoothies dan camilan dengan ditambahkan berbagai bahan makanan kesukaan Anda. 

Apalagi buah naga juga memiliki beberapa varian, sehingga Anda bisa mencoba beberapa varian dengan rasa yang sedikit berbeda juga, sehingga tidak akan lagi rasa bosan untuk terus mengonsumsinya.

Yuk! Sering-seringlah mengonsumsi buah naga untuk menjaga kesehatan

0 Response to "Macam-macam Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan"

Posting Komentar