Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan main Gadget?


Saat ini gadget merupakan salah satu alat teknologi tercanggih yang dapat memanjakan penggunanya dengan fitur – fitur yang menarik. Sayangnya, gadget saat ini sudah digunakan oleh semua kalangan masyarakat dari mulai anak – anak hingga dewasa. Biasanya pada zaman modern saat ini gadget ini menjadi senjata yang sangat ampuh untuk menenangkan anak, sehingga hal ini sudah menjadi solusi orang tua masa kini.

Selain itu, gadget ini juga sudah di lengkapi dengan game yang membuat si anak lebih betah dan ingin terus bermain. Sehingga dampaknya adalah si anak mengalami gangguan yang disebut kecanduan gadget.

Hal ini memberikan banyak dampak buruk pada si anak dalam pergaulan dan cara bersosialisai serta kesehatannya untuk diri mereka sendiri. Oleh karena itu, orang tua harus mengambil tindakan dan kiat yang jitu agar si anak dapat terus berkembang untuk masa depannya yang lebih baik. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari kecanduan gadget pada si anak.

Batasi Penggunaan Gadget

Hal ini dilakukan agar si anak mendapatkan efek jera dan sadar bahwa bermain gadget pada waktu yang lama merupakan sesuatu yang buruk bagi dirinya dan orang lain yang ada disekitarnya. Sehingga orang tua harus dapat bersikap tegas dan memiliki solusi untuk membagi waktu kapan dan dimana anak sebaiknya dapat bermain gadget, kemudian berikan kepada mereka penjelasan tentang dampak buruknya serta berikan alternatif game lainnya agar mereka tetap tenang.

Bersikap Tegas

Terkadang orang tua juga harus bersikap tegas dengan apa yang dilakukan oleh si anak karena hal ini dilakukan untuk masa depannya dan juga kesehatannya. Bersikap tegas merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan kesenangan dan ketenangan dalam keluarga. Selain itu bersikap tegas juga dapat melatih si anak agar dapat memutuskan bahwa sesuatu yang baik itu butuh perjuangan dan harus dimulai dari diri sendiri.

Ajak Berlibur

Salah satu cara yang lainnya adalah mengajak mereka pergi ke suatu tempat rekreasi atau wisata edukasi. Biasanya wisata edukasi ini dapat menjadi alternatif penting dalam memberikan kesenangan dan ketenangan pada anak, selain itu hal ini juga dapat memberikan edukasi bahwa hal yang ada di luar rumah jauh lebih baik dari pada hanya bermain gadget. Sehingga hal ini di perlukan untuk kemajuan pada kepedulian pada anak dalam memelihara alam  dan hewan lainnya.

Minta Pertolongan Dokter

Jika memang belum berhasil maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan dan minta saran dokter apa yang sebaiknya dilakukan agar si anak tidak kecanduan gadget lagi. Hal ini dilakukan agar untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena dokter lebih paham dan mengerti bagaimana cara menangani hal ini. Sehingga dokter dapat menjadi solusi terakhir yang dapat dimintai pertolongan untuk mengurangi anak dalam bermain gadget.

Oleh karena itu anak merupakan anugerah terindah yang harus dijaga dan dididik dengan baik karena anak akan menentukan masa depan kita sebagai orang tua. Dengan kata lain masa depan anak adalah tujuan utama orang tua dalam membahagiakan anak agar menjadi keluarga yang bahagia.

0 Response to "Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan main Gadget?"

Posting Komentar