3 Kedai Bakmi Jawa di Yogyakarta yang Menggugah Selera



Yogyakarta, Kota Pelajar ini sangat terkenal dengan aneka kulinernya yang menggiurkan. Sebut saja gudeg, nasi kucing, dan ayam gepuk. Ada satu makanan lagi yang jadi keistimewaan Jogja, yaitu bakmi jawa!

Apalagi, bakmi Jawa di Yogyakarta benar-benar original karena dimasak dengan menggunakan kompor arang (anglo) dan bau gosongnya bikin aroma bakmi makin nikmat. Di Yogyakarta, ada begitu banyak kedai bakmi Jawa yang bisa kamu jelajahi satu per satu.

Bakmi Pak Pele


Beragam menu dapat kamu nikmati di kedai Bakmi Pele, seperti Bakmi Goreng, Bakmi Godog (rebus), Bakmi Nyemek (yang kuahnya lebih sedikit dari Bakmi Godog), Nasi Goreng, dan Magelangan (nasi goreng dicampur bakmi). Sama seperti kebanyakan Bakmi Jawa, terdapat dua jenis bakmi di sini, yaitu bakmi kuning dan bihun.

Untuk menu bakmi, baik godog maupun goreng, bakminya dimasak dengan potongan daging ayam kampung, telur, dan irisan kol. Rasa gurih dari kaldu ayam yang digunakan bikin citarasa bakmi Pak Pele makin sedap. Salah satu yang spesial dari Bakmi Pak Pele adalah penggunaan telur bebek yang makin membuat bakmi makin gurih. Kisaran harga menu bakmi di kedai yang berada di jalan Pojok Tenggara Alun-Alun Utara, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton ini adalah Rp 20 ribuan.

Bakmi Kadin


Bakmi Jawa yang dimasak di Bakmi Kadin nggak dimasak sekaligus, tapi satu per satu supaya rasanya lebih spesial. Tapi, kamu nggak perlu khawatir bakal menunggu pesanan terlalu lama, soalnya peralatan masak di sana cukup banyak. Warna dari Bakmi Jawanya sekilas nggak terlalu menggoda karena didominasi warna putih, tapi rasanya sangat gurih. Soalnya, telur yang digunakan adalah telur bebek.

Selain terkenal akan menu Bakmi Jawa, Bakmi Kadin juga terkenal Wedang Bajigurnya yang isinya terdiri dari potongan kelapa berbentuk kubus dan roti tawar. Cocok banget buat melengkapi malam kamu karena begitu hangat dan menenangkan. Seporsi Bakmi Jawa dan Wedang Bajigur bisa kamu peroleh dengan harga Rp 20 ribu*. Kedai bakmi Jawa yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun ini beralamat di jalan Panembahan Senopati No. 6, Wirogunan, Mergangsan.

Bakmi Shibitsu


Sekilas mungkin kamu mengira menu yang dijual berasal dari Jepang, padahal yang dijual adalah Bakmi Jawa asli. Selain Bakmi Jawa, Bakmi ShiBitsu juga menjual menu lain, seperti Rica-rica Ayam dan Nasi Goreng. Mengapa kedai ini diberi nama ShiBitsu? Soalnya, pelayan sekaligus peracik bumbunya adalah seorang tunawicara, tapi kelezatan bakmi buatannya mampu bikin kita membisu. Bumbunya terasa melekat pada bakmi maupun kuahnya.

Jangan lupa untuk memesan teh hangat sebagai teman makan bakmi di sana. Teh hangat di Bakmi ShiBitsu berbeda dari teh hangat di kedai bakmi lainnya karena tehnya memakai gula batu dan disajikan di teko kecil. Tehnya lebih kental dan wangi. Seporsi Bakmi Jawa di Bakmi ShiBitsu harganya nggak sampai Rp 20 ribu*. Yuk, langsung aja datang ke jalan Raya Bantul No. 106 untuk mencicipi lezatnya Bakmi Jawa dengan sepoci teh hangat!

0 Response to "3 Kedai Bakmi Jawa di Yogyakarta yang Menggugah Selera"

Posting Komentar