Kalau ngomongin bintik hitam dan jerawat membandel, mungkin ada yang berpikir kalau semua akan berhenti ketika masa puber selesai. Tapi peperangan untuk mendapat kulit yang sehat tak akan pernah berhenti begitu saja. Setiap orang bisa memiliki masalah kulit, tak terkecuali cowok.

Ada tips nih yang bisa dilakukan para cowok untuk mendapat kulit yang bersih dan sehat. Apa saja?

Cuci muka pagi dan sebelum tidur ternyata bikin kulitmu lebih sehat, asal kamu tahu. Rutinitas ini bakal membantu membasmi kotoran, minyak, dan sel kulit mati di wajahmu yang bisa bikin jerawat. Gunakan cleanser lembut untuk wajahmu dan pakai setiap pagi dan menjelang tidur.

Gunakan sunscreen terlebih jika cuaca sedang panas-panasnya, tapi juga jangan dilalaikan ketika cuaca mendung karena sinar UV tak peduli apakah cuaca sedang mendung atau pun panas. Penggunaan tabir surya setiap hari bisa membantumu mencegah kanker kulit dan mengurangi tanda penuaan dini.

Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel dan membersihkan kulit dengan maksimal. Juga, eksfoliasi bisa membantu folikel rambut di area dagu untuk tetap sehat. Idealnya, cowok bisa eksfoliasi 2-3 kali per minggu.

Tanganmu menyentuh jutaan kuman dan bakteri setiap hari. Ketika kamu menyentuh wajahmu dengan tangan yang kamu pakai untuk menyentuh keyboard, gagang pintu, apa pun itu, kamu bisa memindahkan bakteri ke wajahmu. Hasilnya? Jerawat, tentu saja. Memencet jerawat juga bakal bikin bekas lukanya semakin susah hilang.

Minum air cukup selalu membawa manfaat bagi tubuh dan kulit. Air adalah komponen utama dari sel-sel dan jaringan di tubuhmu. Selain pakai pelembap, minum air yang cukup per hari juga bisa mencegah kulitmu kering dan dehidrasi.

Jangan kira skincare cuma buat cewek. Pakai skincare juga bikin cowok mendapatkan kulit yang sehat dan kece maksimal. Gunakan skincare dengan kandungan vitamin C atau antioksidan untuk mendapat manfaat maksimal.

Semua orang berhak mendapat kulit yang flawless dan berhak untuk merasa kece percaya diri, tak peduli itu cewek atau pun cowok. Sehingga untukmu para cowok, coba tips di atas demi mendapatkan kulit yang sehat.