Memulai bisnis harus punya modal puluhan juta? Kata siapa? Jika kamu adalah seorang mahasiswa atau karyawan yang menginginkan pemasukan tambahan tapi gak punya banyak uang sebagai modal usaha, kamu gak perlu kuatir. Kamu hanya perlu cukup cerdas dalam melihat peluang-peluang di sekelilingmu yang berpotensi menambah pundi-pundi penghasilanmu.

Pada dasarnya, kamu bisa melakukan bisnis tanpa modal dengan menjual keahlianmu di bidang-bidang tertentu, atau dengan berjualan barang-barang hobi. Dan jika ditekuni, bisnis sampingan ini berpotensi menjadi bisnis yang besar lho.

1. Jualan barang-barang bekas
Barang yang menurut kita kurang bermanfaat bisa menjadi berguna di tangan orang lain lho. Jual-beli barang bekas bisa menjadi bisnis sampingan yang menyenangkan. Barang-barang bekas yang berhubungan dengan hobi biasanya dihargai cukup tinggi, pantas untuk mengisi dompetmu. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan pembeli melalui media sosial atau situs jual-beli online.

Dengan sedikit keterampilan bisnis, kemampuan membaca peluang, dan keberanian mengambil resiko, kamu bisa mendapat keuntungan yang lumayan dari berjualan barang-barang bekas.

2. Mendesain Kaos/Merchandise
Kalo kamu punya hobi desain dan punya komunitas yang bisa kamu jadikan target market kamu, kenapa gak bikin desain kaos aja? Dengan sistem pre-order, kamu hampir gak perlu modal sama sekali untuk memperoleh keuntungan yang lumayan. Jika kamu cukup pede dengan desainmu, kamu bisa memasukkannya ke situs-situs yang bisa membantu mempromosikan desain kaosmu, baik yang lokal seperti tees.co.id maupun situs luar negeri seperti Design By Humans.

Melalui situs-situs tersebut, kamu bisa bikin toko sendiri menjual desainmu secara online tanpa perlu repot memikirkan modal, produksi, dan pengiriman, karena semua itu sudah ditangani oleh sang penyedia situs. Tinggal masukkan desainmu, pasang harga, tunggu aja kaosmu laku dan kamu akan menerima pendapatan pasif jangka panjang. Jangan lupa promosi ya!

3. Produsen perlengkapan/aksesoris hobi
Jika kamu punya keterampilan membuat kerajinan tangan, kenapa tidak menjadikannya sebagai bisnis? Kamu bisa membeli bahan-bahannya dengan harga murah di toko aksesoris, merangkainya menjadi pernak-pernik handmade yang keren lalu menjualnya secara online. Mudah dan menyenangkan.

Jika barang yang ingin kamu buat membutuhkan keahlian lebih, misalnya seperti dress atau airsoft gears, jangan ragu-ragu untuk melakukan deal dengan ahlinya, misalnya dalam hal ini penjahit. kamu akan perlu sedikit modal untuk membuat sampel, tapi selanjutnya kamu bisa menjual produkmu menggunakan sistem pre-order.

4. Impor kecil-kecilan barang-barang hobi
Kalau kamu punya Paypal atau menggunakan sistem pembayaran online yang lain, kamu juga bisa lho melakukan bisnis pre-order untuk mendatangkan barang-barang luar negeri yang gak dijual di Indonesia dengan jumlah yang terbatas. Barang-barang hobi seperti aksesoris fashion, aksesoris airsoft gun, maupun action figure memiliki banyak peminat dan bisa didatangkan dalam jumlah yang terbatas.

Kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk mengundang orang-orang yang berminat terhadap produk tersebut. Dengan menggunakan sistem ini, biaya pengiriman bisa ditekan seminim mungkin dan kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

5. Jualan stock photo
Kalau kamu punya skill fotografi yang mumpuni, kamu bisa memanfaatkan keterampilanmu untuk membuat stock photo yang bagus lalu menjualnya di situs-situs penyedia stock photo seperti shutterstock.com, istock.com, atau fotolia.com. Tapi, pendapatan yang kamu dapat dari sini lumayan lambat.