Kalau kamu baru aja resign dari kantormu yang sekarang dan sedang mencari tempat kerja baru, kamu harus memastikan bahwa pekerjaan barumu itu adalah pekerjaan yang jauh lebih baik. Kamu menginginkan pekerjaan yang bisa membuatmu nyaman dan bahagia. Pertanyaannya, bagaimana caranya kita bisa tahu kalau kita akan bahagia bekerja di sana? Apa aja sih yang perlu kita lakukan untuk lebih memastikan itu?

Carilah informasi sebanyak mungkin
Saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, kamu wajib mengobservasi lebih dahulu seluk beluk perusahaan tersebut. Apa visi-misi perusahaan itu, bagaimana performanya 3-5 tahun terakhir, seberapa besar stafnya, dan lain-lain. Ini agar kamu punya gambaran tentang apa yang akan menantimu nanti saat kamu benar-benar diterima bekerja disana.

Kamu bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan incaranmu itu dari:

1. Bertanya pada pewawancara kerja
Sesi wawancara kerja biasanya akan memberikan kesempatan bagi pelamar kerja untuk bertanya tentang seluk beluk perusahaan dan pekerjaan yang dilamarnya. Manfaatkan kesempatan ini untuk menggali informasi tentang kedua hal itu. Jangan sungkan-sungkan, karena inilah kesempatan emas buatmu untuk mendapatkan informasi yang akurat.

2. Bertanya pada karyawan
Kalau kamu merasa kurang puas, kamu juga bisa bertanya pada karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut. Nggak perlu malu kalau dikira sok kenal — yang terpenting adalah bertanya dengan sopan dan nggak kelihatan kepo. Tanyalah pada mereka tentang hal-hal sifatnya lebih santai, seperti suasana dan budaya kerja di perusahaan itu. Jangan malah tanya nominal gaji yang si karyawan terima.

Kalau kamu punya teman atau kenalan yang bekerja pada perusahaan tersebut, lebih bagus lagi. Kamu bisa lebih luwes bertanya pada mereka.

3. Jalan-jalan dan melihat suasana kerja kantor
Kalau kamu masih kurang puas dengan jawaban dua sumber informasi di atas, kamu bisa berinisiatif untuk mengamati suasana kerja kantor itu dengan mata kepala sendiri. Ada beberapa perusahaan yang dengan senang hati mempersilakanmu melihat-lihat suasana kerja di perusahaannya. Tapi, jangan lupa meminta izin terlebih dulu, ya. Kalau kamu celingukan kayak anak ayam, bisa-bisa para karyawan yang ada disana memanggilkanmu satpam.

4. Browsing
Untuk melengkapi informasi yang sudah kamu dapat langsung dari sumber utama, kamu bisa juga mencari info tambahan melalui internet. Pertama, bacalah informasi-informasi penting dari website resmi perusahaan tersebut. Kedua, kamu juga bisa membaca ulasan tentang perusahaan tersebut di situs-situs lain (kalau ada). Ketiga, kamu bisa mengetahui sisi personal dari bekerja di tempat tersebut dari blog pribadi orang-orang yang pernah bekerja disana.

Yang terpenting adalah selektif dalam memilih informasi tambahan ini. Jangan langsung percaya dengan semua yang kamu baca. Ingat, bagaimanapun informasi yang kamu dapat lewat cara ini sifatnya sekunder.