5 Spot Diving Menakjubkan Mata yang Wajib Dikunjungi


Kamu yang menggemari olahraga air kayaknya kurang lengkap kalau belum menjajal scuba diving alias menyelam. Apalagi, Indonesia kaya dengan spot-spot menyelam keren yang pantang kamu lewatkan; beberapa bahkan dinobatkan sebagai diving spot terbaik di dunia.

Nah, kalau kamu ingin bertualang di bawah air bersama makhluk-makhluk fantastis, ini dia tempat-tempat di Indonesia yang wajib kamu tuju. Percaya deh, Indonesia itu surga banget buat kamu yang suka diving dan snorkeling, atau sekedar suka melihat pantai!

1. Kepulauan Banda, Maluku


Kepulauan Banda adalah kumpulan pulau vulkanis yang terletak di Laut Banda. Kepulauan ini masih termasuk wilayah provinsi maluku, tepatnya 132 km sebelah tenggara Ambon, yang terdiri dari 3 pulau besar–Banda Besar, Banda Neira dan Gunung Api– serta 7 pulau kecil. Kepulauan ini memiliki taman laut yang oke punya sehingga menyelam menjadi daya tarik utama bagi daerah ini.

Di Kepulauan Banda, tercatat ada lebih dari 25 spot menyelam. Yang paling terkenal di antaranya adalah Sonegat, Pulau Keraka, Pulau Syahrir Batu Kapal, Pulau Hatta, serta Pulau Ai. Untuk bisa mencapai Kepulauan Banda, kamu perlu naik pesawat dulu ke Ambon. Setelah itu, baru menyeberang menggunakan kapal ke Kepulauan Banda.

Satu yang harus diingat, pastikan kamu datang di musim yang tepat. Awal September sampai akhir Desember adalah saat yang tepat untuk mengarungi laut Banda. Saat cuaca sedang buruk, tak akan ada kapal yang bisa mengantarmu menyeberang. Liburan yang seharusnya mengasyikkan bisa sia-sia.

2. Bunaken, Sulawesi Utara


Kalau kamu berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara, jangan pernah melewatkan kesempatan untuk menyelam di Taman Laut Nasional Bunaken. Bunaken mempunyai 20 titik penyelaman yang bisa kamu jelajahi, antara lain Tembok Lekuan, Mandolin, Bunaken Timor, Tanjung Kopi, dan reruntuhan kapal di Manado.

Laut Bunaken menjadi rumah bagi lebih dari 390 spesies koral serta ratusan jenis ikan, reptil, dan makhluk laut lainnya. Untuk sampai ke Pulau Bunaken, kamu bisa menumpang perahu dari Manado dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Di sini, kamu bisa bertemu dengan ikan Nemo (clown fish) yang terkenal di Disney itu.

Setelah sampai di Manado, kamu bisa menyewa speed boat untuk mengantarmu ke Bunaken. Harga sewa speed boat sekitar 500-700 ribu. Mahal? Iya sih, diving trip ke Bunaken memang terkenal tidak murah. Satu trik penghematan yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan diving gear sendiri. Harga sewa alat selam di Bunaken terbilang fantastis, sekitar 1 juta/hari.

3. Wakatobi, Sulawesi Tenggara


Selain Bunaken, ternyata Sulawesi masih memendam surga tersembunyi yaitu Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara. Wakatobi sendiri sebenarnya adalah akronim dari nama empat pulau utama, yaitu Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi sangat terkenal di kalangan penyelam baik lokal maupun mancanegara sebagai salah satu tempat dengan biota laut terkaya di dunia. Topografi bawah lautnya juga bervariasi.

Di Wakatobi kamu bisa menemukan 750 spesies koral, 112 jenis karang, serta 93 jenis ikan. Beberapa jenis penyu juga menjadikan taman ini sebagai rumah mereka seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).

Oh iya, di Wakatobi ini cuma ada 1 ATM. Jadi, buat kamu yang berencana berkunjung ke sini sebaiknya ambil uang di Pulau Wangi-Wangi — pulau utama di kepulauan ini.

4. Selat Lembeh, Sulawesi Utara


Masih di daerah Sulawesi, segaris selat sempit yang memisahkan antara daerah Bitung, Sulawesi Utara dan Pulau Lembeh ini tampak remeh. Padahal, di baliknya kamu bisa menemukan keindahan hayati bawah laut yang patut diperhitungkan. Perairan sepanjang 16 kilometer dan lebar hanya 1-2 kilometer tersebut setidaknya memiliki 88 lokasi titik penyelaman yang bisa memanjakan mata setiap penyelam yang ‘nyasar’ ke sana.

5. Pulau Weh, Sabang


Di ujung barat laut Indonesia, Pulau Weh juga menawarkan diving spot yang gak kalah keren dibandingkan dengan tempat-tempat terkenal lainnya. Setidaknya ada tiga titik penyelaman yang bisa kamu coba, yaitu Bate Tokong, Seulako Barat, serta The Canyon. Yang disebutkan terakhir ini adalah lokasi menyelam yang paling keren di Pulau Weh. Topografinya berupa labirin bebatuan yang remang-remang sehingga menimbulkan kesan mistis–tapi gak seram kok. Kalo beruntung, kamu bisa bertemu dengan napoleon fish raksasa, lho!

0 Response to "5 Spot Diving Menakjubkan Mata yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar