5 Cara Agar Si Introvert Nyaman Dalam Berhubungan


Semua introvert pasti pernah merasakan dilema berpacaran. Di satu sisi kamu membutuhkan kasih sayang dari seseorang yang spesial, namun di sisi lain kamu tak tahan dengan interaksi sosial yang berlebihan. Interaksi dengan pacar mungkin kamu masih bisa tahan, namun kalau harus bergaul sama sahabat-sahabatnya, bertemu teman-teman satu UKM-nya, double date dengan entah-siapa-itu-tadi-yang-pacarmu-bilang… Kamu pasti akan cepat kelelahan.

Jadi gimana caranya supaya kencan-kencanmu berjalan lancar dan hubungan cintamu awet minim pertengkaran? Cobalah sedikit berani dan mau berkompromi. Dengan sedikit kemauan untuk bergaul dan ke luar rumah sebentar, kamu dan pacarmu juga bisa kok menikmati malam-malam romantis seperti pasangan yang lainnya.

Kalau kamu (atau pacarmu) seorang introvert, berikut tips yang bisa bikin kencan kalian jadi lebih nyaman dan menyenangkan!

1. Jika pacarmu belum tahu, sebaiknya akui dulu bahwa kamu seorang introvert. Jadi introvert itu membanggakan, kok.

Karena pengakuan semacam ini akan memudahkan hubungan kamu seterusnya. Jangan jadi sok asik, padahal kamu gak nyaman berada di dekat orang banyak. Bayangkan kalau kencan kalian disertai dengan kehadiran teman atau keluarganya, kamu pasti canggung sendiri. Jadi akui saja kalau kamu introvert, gak ada salahnya kok.

Katakan padanya bahwa kamu tipe orang yang butuh waktu yang lebih lama untuk akrab dengan orang baru, jadi dia sendiri tahu kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan kamu dengan teman-teman dan keluarganya. Jangan lupa, kamu juga harus berusaha untuk nyaman berada di dunianya. Bukan hubungan cinta namanya kalau kamu lebih memilih hibernasi di dunia kamu sendiri.

2. Tentukan tempat kencan yang nyaman. Hindarilah klub malam, pesta perkawinan, atau tempat-tempat ramai yang akan membuatmu cepat capek.

Akan sulit sekali mencurahkan kasih sayang pada pacar jika kamu sendiri tak nyaman dengan lingkungan sekitarmu. Pilihlah tempat yang bikin kamu nyaman dan bisa jadi diri sendiri kecuali rumah. Jika kamu gak menyukai hingar-bingar klub malam, jangan pergi ke sana meski pacarmu lagi on fire pengen joget.

Kebanyakan orang introvert adalah people-pleaser — selalu berusaha menyenangkan orang lain padahal dirinya sendiri gak senang. Daripada kamu bilang “iya” ke pacar sementara hatimu jengkel, lebih baik tawarkan dia pergi ke tempat lain. Ke taman mungkin? Atau kafe kecil yang gak rame-rame amat? Kalau pun harus nonton di bioskop (lokasi wajib pacaran), usahakan untuk tidak terlambat masuk ke teater supaya kamu tidak merasa jadi pusat perhatian penonton yang lain.

Untuk urusan lokasi pacaran, memang diperlukan pengertian dan kompromi yang tinggi darimu dan pacar. Pada satu titik mungkin ada salah satu di antara kalian yang harus mengalah — namanya juga berusaha menyatukan keinginan dua orang. Asal mengalahnya jangan setiap kali kencan, ya.

3. Sebagai introvert, mungkin kamu tak begitu ahli dalam bicara. Siasatnya, buatlah percakapanmu supaya santai. Tenang — itu pacar, bukan ibu kost.

Kalian gak akan diam-diaman selama kencan, ‘kan? Itu pacaran atau lomba melamun, kok diam aja? Agar terhindar dari awkward silence, siapkanlah beberapa topik ringan yang bisa dijadikan pemancing percakapan dengan pacarmu. Gak perlu yang berat-berat seperti headline surat kabar nasional hari ini (meski kamu tahu apa headline-nya hari ini). Coba mulai dengan menanyakan harinya. Apa saja yang dia lakukan di kampus atau kantor. Apa rencananya pada sisa hari ini.

Jika kamu khawatir kehabisan topik, jangan khawatir karena dari obrolan yang kecil akan muncul topik-topik baru lagi. Namun gak ada salahnya jika kamu berlatih ngobrol dari rumah. Kuncinya adalah banyak mengajukan pertanyaan, lalu akhiri jawaban dengan pertanyaan kembali. Tetap merasa gugup? Ingat saja: dia itu pacar yang sayang dan peduli padamu, bukan ibu kost yang hanya akan mengobrol denganmu untuk minta bayaran kosan.

4. Silakan saja bersikap lemah lembut, tapi pastikan setiap pendapatmu bisa didengar pacar

Seorang introvert belum tentu seorang pemalu, namun sering kali kebiasaan ngomong pelan-pelan ini menjadikan introvert disangka pemalu. Dalam menjalin hubungan pastikan dirimu terdengar, begitu pula saat lagi keluar bareng pacar. Pastikan kamu mengucapkan kata dengan volume suara yang bisa didengar jelas oleh pacarmu, agar percakapan bisa berjalan lancar tanpa diselingi oleh “Haaa? Apa? Kamu bilang apa tadi?”

Di lain pihak, pacarnya orang introvert harus pengertian dan selalu memberikan pasangannya kesempatan bicara. Jangan mentang-mentang kamu tahu dia seorang introvert kamu mengambil alih pembicaraan, gak peduli dia mau ngomong apa. Introvert juga punya pendapat yang ingin disuarakan, barangkali pendapatnya lebih dalam dari pada kamu. Jadi jangan bungkam pacar introvertmu dengan celotehan satu arah, ya.

5. Fokuskan perhatianmu pada pasangan. Orang yang menyayangimu setulus dia pantas mendapatkannya.

Suasana riuh yang pasti selalu terdengar jika kamu sedang berada di tempat umum bakal mengganggu kamu. Beragam pertanyaan lalu muncul dalam benak kamu “Ngapain sih ini orang keluar rame-rame? Apa faedahnya, coba? Lha, lalu ngapain aku di sini?”. Ketika momen itu datang, berusahalah sekuat mungkin untuk fokus pada pasangan kamu. Jangan acuhkan orang lain yang berada di sekeliling kalian. Yang paling pantas mendapat perhatianmu adalah pacarmu.

Daripada terus-terusan berpikir bahwa kencan bareng pacar di luar adalah ide yang buruk, kenapa gak nikmati aja kebersamaan kalian? Khusus untuk kencan ini, lupakan semua stigma soal introvert. Kalau perlu lupakan fakta bahwa dirimu adalah seorang introvert. Kamu hanya seorang kekasih yang lagi bersama orang yang kamu sayangi, cukup.

0 Response to "5 Cara Agar Si Introvert Nyaman Dalam Berhubungan"

Posting Komentar