Suka Mendaki Gunung? Ini 5 Hal Penting Yang Harus Kamu Lakukan


Mendaki adalah sebuah olahraga yang menjadi hobi banyak kalangan anak muda akhir akhir ini, selain membuat tubuh sehat mendaki juga dapat menimbulkan perasaan senang dan bangga ketika berhasil mencapai puncak. Mengingat di Indonesia banyak sekali gunung-gunung yang cocok didaki, berikut ini kami sajikan beberapa hal penting yang harus di lakukan saat mendaki gunung.

1. Persiapan yang Matang
Banyak pendaki yang menyepelekan arti sebuah persiapan, padahal persiapan menjadi hal pokok bagi kesuksesan seorang pendaki. Padahal apapun bisa terjadi saat menjadi, jika kita kurang persiapan bisa jadi kita bakal kesusahan menaklukan sebuah gunung. Berbagai persiapan meliputi.

2. Perhatikan Kesehatan Tubuh
Kondisi fisik yang prima harus dimiiki seorang pendaki, berjalan ber jam-jam dan menanjak tentu sangat berat jika kondisi fisik tidak prima. Sebaiknya sebelum mendaki cek dulu kondisi tubuh kita ke dokter, jangan sampai mendaki yang harusnya menyenangkan menjadi hal yang fatal bagi kita.

3. Jangan Terburu Buru
Mendaki sangat menuntut kesabaran, kebanyakan pendaki pemula selalu ingin cepat-cepat sampai ke puncak. Padahal hal tersebut sangat berbahaya, hal tersebu bisa menyebabkan Mountainsickness , yaitu penyakit yang di karenakan tubuh gagal beradaptasi dengan keadaan di ketinggian.

4. Gunakan Pakaian yang Cocok
Untuk mendukung gerak badan yang mudah saat mendaki,kita perlu memilih bahan pakaian yang cocok dan pas. Hindari pemakaian pakaian yang berbahan berat ya! Seperti celana jeans dan levis, hindari juga pakaian yang ketat, pakailah pakaian yang mudah menyerap keringat dan cepat kering.

5. Logistik Harus Cukup
Makanan adalah hal yang penting dalam pendakian, bawalah makanan yang cukup tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Bawa juga makanan yang praktis, seperti mie instan atau makanan cepat saji lainya. Jangan bawa makanan yang merangsang. seperti makanan pedas dan yang berbau menyengat.

Itulah beberapa hal yang harus di perhatikan dalam mendaki gunung. Tujuan pendaki bukan sebuah puncak tetapi kembali kerumah dengan selamat. Salam lestari! 

0 Response to "Suka Mendaki Gunung? Ini 5 Hal Penting Yang Harus Kamu Lakukan"

Posting Komentar