9 Cara Agar Tubuh Kamu Terhindar dari Berbagai Penyakit



Sehat merupakan anugerah dan kenikmatan gratis dari Tuhan yang maha esa, segala kekuasaanya yaitu salah satunya sehat yang patut kita syukuri. Namun sayung, banyak dari manusia di bumi ini enggan mensyukurinya bahkan mereka lebih menikmati gaya hidup yang di luar batas.

Berikut 9 cara agar kita dapat hidup sehat :

Perbanyaklah konsumsi air putih
Tahukah anda? 70% tubuh manusia terdiri dari air dan tersebar diseluruh organ tubuh seperti otak, paru-paru, hati dan organ lainnya. Oleh karena itu janganlah kita meremehkan hal kecil seperti kurangnya mengonsumsi air putih, jika Anda mengabaikannya maka Anda akan mengalaminya sendiri yaitu dehidrasi. Meski air putih memiliki tampilan yang cukup sederhana, namun air putih ini memiliki berbagai keuntungannya. Kebutuhan asupan air tiap orang berbeda-beda, tergantung usia, berat bada, penyakit, hingga iklim.

Tidur dan istirahatlah yang cukup
Ketika Anda masih kecil, mungkin Anda merasa sebal jika Anda sering disuruh tidur siang oleh orang tua. Justru saat Anda telah dewasa momen berharga dan paling dinanti-nanti ialah saat waktu tidur. Tidur tak hanya menghilangkan kantuk saja, tapi juga dapat menyehatkan jiwa dan raga.

Meditasi
Sering setres?
Mungkin meditasi adalah solusinya.meditasi terkadang disedut juga semadi, adalah praktik reklasasi yang melibatkanpelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari.

Berolahraga teratur
Siapa yang tak kenal dengan olahraga?
Olahraga merupakan suatu kegiatan yang mungkin lebih sering Anda sepelekan, namun pada dasarnya olahraga merupakan kegiatan yang sangat mengasyikan loh. Selain untuk bersenang-senang, namun dapat menyehatkan tubuh kita. Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit batuk, influenza, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan saluran pernapasan, tak hanya itu berolahraga dapat membuat tubuh kita segar dan bugar setiap hari.

Makan lebih banyak buah dan sayuran
Siapa yang tak suka dengan buah dan sayuran? Selain mengurangi risiko kanker dan serangan jantung, menkonsumsi 8 porsi sayuran dan buah sehari secara substansial dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan seseorang dalam hidupnya, konsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari tak hanya sekedar menyehatkan tubuh secara fisik, tapi juga mental.

Kurangi makanan olahan dan makanan dalam kaleng
Makanan kaleng memang memudahkan Anda, Anda hanya perlu sedikit waktu untuk membuatnya atau memanaskannya saja. Namun tahukan Anda? Makanan kaleng dapat mengandung BPA.
BPA atau Bisphenol-A merupakan bahan kimia yang terkandung dalam kemasn makanan, termasuk dalam kaleng.

Penelitian menunjukan bahwa BPA dalam makanan kaleng dapat berpindah dari lapisan kaleng ke makanan. BPA yang masuk ke dalam tubuh berhubungan dengan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan diabetes mellitus tipe2, serta juga dapat menyebabkan kelainan fungsi seksual pada pria.

Berjalan dengan bertelanjang kaki
Berjalan kaki merupakan aktivitas yang sangat mudah di lakukan untuk semua usia. Aktivitas fisik ini sangat di anjurkan sekali untuk orang lanjut usia. Cobalah praktikan setiap pagi hari berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki di rumput, tanah, pasir maupun di bebatuan alam.

Kendali makanan pemicu, kendalikan asupan gula dan garam anda
Batas konsumsi gula dan garam yang di sarankan oleh Kementerian Kesehatan RI (Kemkes) per orang per hari yaitu 50 gram (4 sendok makan) gula, 2000 garam (1 sendok teh).
Berhenti makan ketika anda merasa kenyang

Secara medis, makan tidak hanya memberi energi tubuh, setiap asupan makan yang masuk ke dalam perut akan memengaruhi suasana hati. Dalam artian jika kita makan dengan takaran yang cukup berlebihan maka akan mempermudah kita untuk beraktivitas dan malas melakukan seuatu dan dampaknya menimbulkan penyakit serius.

0 Response to "9 Cara Agar Tubuh Kamu Terhindar dari Berbagai Penyakit"

Posting Komentar