Beberapa kota berikut ini menyimpan begitu banyak kenangan peristiwa bagi islam, layaknya saksi bisu kejayaan islam dimasa terdahulu kota-kota ini masih memiliki peninggalan-peninggalan masa kejayaan Islam. Berikut adalah kota-kotanya.

Granada, Spanyol
Kota yang pertama adalah Garanada, Spanyol. Kota yang terletak di sebelah selatan Madrid ini dahulunya pernah menjadi pusat ilmu keislaman terbesar dan juga merupakan pusat perkembangan kebudayaan Islam pada masa kekuasaan Bani Ahmar dulu. Pada masa itu dibangun pula sebuah istana indah bernama Al-Hambra yang hingga kini masih berdiri kokoh di sana.

Istanbul, Turki
Kota ini dulu bernama Konstantinopel sebelum akhirnya diubah oleh kerajaan Ottoman  menjadi Istanbul di bawah pimpinan Sultan Muhammad II. Sebutan Istanbul memiliki arti sebagai 'kota Islam'. Sejumlah bangunan-bangunan yang masih tersisa disana menjadi saksi kejayaan Islam pada masa Ottoman. Contohnya Hagia Sophia, sebuah bangunan peninggalan zaman Bizantium yang awalnya merupakan gereja, kemudian diubah menjadi masjid, dan kini dijadikan museum.

Alexandria, Mesir
Kota yang dahulunya dikenal dengan nama Iskandariyah terletak sekitar 225 kilometer dari Kairo, Mesir. Kota yang dijuluki " The Pearl of the Mediterranean "  ini  juga menyimpan berbagai peninggalan-peninggalan masa kejayaan Islam, salah satunya ada Masjid Attarine yang semula merupakan gereja, kemudian diubah menjadi masjid ketika Arab berkuasa. Di kota ini terdapat pula masjid bersejarah, Masjid Abu Al-Abbas Mursi yang merupakan masjid terbesar di kota itu.

Yerussalem, Israel
Kota yang keempat ini tak hanya penting bagi Islam namun juga bagi umat Yahudi dan Kristen. Bagi orang Muslim, bagian yang paling penting dari kota ini adalah Masjid Al-Aqsa dan Masjid Qubbat As-Sakhrah atau lebih dikenal dengan " Dome of the Rock " yang terdapat di wilayah Haram Al-Syarif. Masjid Al Aqsa menjadi saksi penting dalam peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Fes, Maroko
Kota yang juga sering dijuluki sebagai " Mecca of West" ini merupakan salah satu kota kerajaan tertua di dunia. Kawasan kota tuanya yang disebut sebagai Fes El-Bali ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1981 dengan nama Medina Fez.
Salah satu yang menarik, di kota ini terdapat University of Al-Kairaouine yang didirikan sejak 859 sebelum Masehi, dan Masjid Kairaouine yang mampu menampung hingga 20 ribu jamaah.

Amman, Yordania
Kota keenam yaitu Amman, Yordania. Di kota ini terdapat banyak peninggalan Nabi Musa AS dan Nabi Syuaib AS, dan juga makam sahabat Nabi SAW, Abdul Rahman Ibn Awf Al-Zuhri RA, dan juga Bilal Ibn Rabah RA, yang merupakan peninggalan masa perang Islam, seperti Perang Badar, Uhud, dan Mekah. Dan Gua Ashabul Kahfi yang disebut dalam Al-Quran juga terdapat di kota ini.

Qom, Iran
Kemudian yang terakhir ada kota Qom, Iran. Kota yang terletak sekitar 35 km dari ibukota Teheran ini juga  disebut kota suci karena disana terdapat makam putri kesayangan Nabi Muhammad SAW, Fatimah RA. Selain itu, Banyak pula ulama dan ilmuwan Islam yang tinggal ataupun dimakamkan di tempat ini. Pemimpin revolusi Iran, Imam Khoeini juga kabarnya pernah menuntut ilmu di kota ini.