5 Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan


Tumbuhan katuk merupakan sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara, daun ini memiliki nam ilmiah Sauropus Androgynus. Biasanya daun katuk digunakan untu meningkatkan jumlah ASI pada Ibu yang sedang menyusui.

Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, ternyata daun katuk memilki berbagai macam manfaat. Berikut ini 5 manfaat daun katuk bagi kesehatan:

1.Antidiabetes
Hamidun Bunawan ilmuan dari Institute os systems Biology, Universitas kebangsaan Malaysia bersama beberapa kolagennya menuliskan riset berjudul "Sauropus Androgynus. L. Merr. Induced Bronchiolitis Obliterans: From Botanical Studies to Toxycology" menyebut bahwa daun katuk mempunyai sejumlah manfaat, salah satunya adalah sebagai Antidiabetes. Terbukti bahwa daun katuk dapat mengendalikan gula darah pada manusia.

2. Obat flu
Daun katuk dapat digunakan sebagai obat flu, karena di dalam daun katuk memiliki nutrisi yang mengandung vitamin C sekitar 244-314,3 miligram yang mampu memerangi infeksi virus termasuk virus flu.

3. Mengobati luka
Studi menemukan bahwa daun katuk dapat meningkatkan kontaksi pada luka, menutup luka dan membuat penutup luka lebih kuat.

4. Antioksidan
Dalam studi yang diterbitkan oleh food chemistry, daun katuk memiliki kadar antioksidan tertinggi pada sayuran. daun katuk memiliki kandungan polifenol, kandungan ion, senyawa untuk memerangi radikal bebas.

5. Baik umtuk Ibu hamil
Biasanya daun katuk dikonsumsi oleh Ibu yang sedang menyusui, ternyata daun katuk juga baik dikonsumsi oleh wanita hamil, karena memiliki banyak nutrisi dam senyawa phytochemical.

0 Response to "5 Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan"

Posting Komentar