Menjelang akhir pekan ini, apa ada dari kamu yang sedang bersiap-siap bepergian? Setiap orang pasti mau kegiatan bepergiannya berjalan lancar dan sesuai harapan. Nah, supaya itu bisa benar-benar terwujud, disini ada 10 tips supaya perjalananmu lebih mudah, aman, nyaman, dan menyenangkan.

1. Jangan Lupa Booking
Kalau kamu melakukan perjalanan jauh dan harus mencari tempat menginap, ingat yang satu ini: lakukan pemesanan hotel sebelum kamu liburan. Kalau-kalau rencana kamu berubah dan kamu harus membatalkan hotel, jangan langsung menelpon hotel dan membatalkan bookingan kamar. Ada peraturan dari hotel mengenai pembatalan mendadak, dan kadang ini membuat kamu harus bayar dendanya. Kamu nggak mau, ‘kan?

Nah, triknya untuk menghindari denda ini adalah memindahkan jadwal booking kamu ke minggu berikutnya — dan beberapa jam kemudian baru batalkan bookingan “baru” kamu. Ingat, kamu juga harus cari alasan yang pas biar pihak hotel percaya.

2. Begitu sampai, penting untuk berbaur dengan warga lokal
Ketika kamu liburan, segera berbaur dengan warga setempat. Siapa tahu kamu bisa dapat teman baru dan liburanmu akan menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Kamu bisa bertanya arah, tempat makan murah, objek wisata yang OK, dan yang pasti perjalananmu bisa jadi lebih seru!

3. Catat nomor telepon penting
Nomor telepon kantor polisi wajib kamu catat. Kalau-kalau ada kejadian yang tidak menyenangkan, kamu bisa segera lapor ke pihak berwajib. Nomor telepon restoran fast food terdekat juga bisa dicatat, kalau kamu mengalami kejadian “darurat” perut.

4. Bawa baju yang cocok untuk segala kondisi
Langkah yang satu ini bisa menghemat bawaan kamu. Bawa atasan yang cocok untuk segala macam kegiatan. Kamu bisa bawa kaos atau kemeja dengan warna netral dan model simpel. Ingat: kalau mau memasukkan baju dalam koper, jangan dilipat, tapi digulung.

5. Fotokopi dokumen penting
Kamu harus punya cadangan dokumen penting yang kamu bawa saat perjalanan. Kalau kamu traveling ke luar negeri, jangan lupa untuk fotokopi paspor dan KTP lalu sisipkan di kantong rahasia tas. Catat juga nomor kartu kredit atau ATM kamu. Kalau kamu traveling di dalam negeri, fotokopi KTP atau SIM cukup.

6. Cari info tentang tempat tujuan
Kamu harus memastikan bahwa otakmu nggak kosong begitu sampai tujuan. Sebelum kamu berangkat, cari tahu lebih dulu tentang tempat-tempat asik dan akomodasi di tempat yang kamu tuju. Cari tahu harga berbagai barang disana, sehingga kamu bisa mengatur anggaran. Jangan lupa menjadikan dirimu familiar tentang budaya kota setempat. Beda kota, pasti beda juga budayanya.

7. Selalu bawa gembok
Kamu wajib bawa gembok kalau menginap di hostel, karena biasanya hostel tidak menyediakan gembok untuk loker penyimpanan tas. Jadi untuk keamanan bawaanmu sendiri, gembok bisa jadi penyelamat.

8. Bawa handuk berbahan microfiber
Banyak yang belum tahu kalau ada yang namanya handuk microfiber. Handuk berbahan microfiber lebih cepat kering dari handuk berbahan katun atau yang lain. Handuk microfiber juga lebih gampang dilipat dan hemat tempat.

9. Tisu basah adalah sahabat terbaikmu!
Tisu basah bisa jadi alternatif saat kamu kepanasan dan nggak nemu air buat cuci muka atau cuci tangan. Harganya juga terjangkau dan gampang dibawa kemana-mana. Kalau nggak sempet mandi, tisu basah adalah penyelamat loh…

Tapi ingat: jangan boros, ya. Tisu basah nggak ramah lingkungan.

10. Ambil gambar di depan papan nama tempat yang kamu kunjungi

Kalau ada yang beranggapan narsis di depan papan nama nggak OK, anggapan itu salah. Justru banyak traveler yang ambil gambar di depan papan nama buat jadi bukti perjalanan mereka. Kalau kamu bermobil dan harus memarkir mobilmu, mengambil foto tempat parkirmu juga bisa mencegah kamu lupa kamu parkir dimana. Selain itu, kamu juga bisa mengambil foto jalur setapak yang kamu lintasi dan melihatnya lagi di kamera digitalmu ketika kamu tersesat.