Berakhirnya hubunganmu dengan kekasih hampir pasti selalu membuat dunia terasa serasa runtuh. Pikiran masih selalu tentang dia. Bagaimana tidak, hampir setiap saat kalian selalu memberi kabar dan menghabiskan waktu bersama. Harus diakui dalam tahapan melupakannya kamu masih merindukan kekasihmu, walaupun kamu tahu kembali padanya bukan pilihan yang tepat. Jangan ulangi kesalahan yang sama untuk jatuh cinta lagi kembali padanya. Move on! Carilah suasana baru. Kenapa nggak jalan- jalan aja? Ini nih alasan kenapa jalan – jalan itu penting :

1. Menjauhkan dirimu dari rutinitas dengannya
Ketika berpacaran kalian sering melakukan hal ini dan itu secara rutin bersama. Jalan- jalan membuat dirimu lepas dari pola keseharian kamu dan menjaga jarak dari jangkauannya.

2. Fokus pada kebahagiaan dirimu
Sendiri membuatmu lebih punya waktu untuk dirimu sendiri. Lakukan hal- hal yang membuat dirimu bahagia saat berada di lokasi yang baru. Kamu pantas untuk berbahagia.

3. Hidup itu Indah !
Sadarilah, selama ini mungkin kamu terlalu fokus dengan dirinya. Jangan terpuruk dengan kesedihanmu. Cobalah keluar, lihat dunia sekitarmu. Kelilingi kota, daki gunung, pandangi langit dari tepi pantai. Hidup itu indah bukan?

4. Perbarui cara pandangmu
Walau dunia terasa seperti runtuh, bukan berarti semua hal menjadi buruk. Temui orang – orang baru di tempat barumu, dengarkan kisah mereka lalu ceritakan masalahmu. Banyak juga orang – orang lainnya yang berusaha untuk berbahagia, sama seperti kamu. Dunia tidak benar- benar hancur kok ketika kamu berpisah.

5. Kamu pantas untuk dihargai
Masih banyak keluarga dan sahabat yang mencintaimu. Luangkan lebih banyak waktu untuk mereka. Ajak mereka jalan – jalan dan kamu akan sadar betapa berharganya dirimu bagi mereka.

6. Belajar menghargai perbedaan
Perbedaan selalu ada di sekitar kita, begitu juga dengan tempat yang baru kita kunjungi. Selain hal – hal sederhana seperi makanan dan lokasi wisata yang baru. Jangan lupa bahwa ada nilai dan norma tertentu yang dijunjung ditempat itu. Memahami perbedaan dan mencoba menyesuaikan diri dapat meningkatkan kualitas kita ketika berhubungan dengan orang yang baru nantinya.

7. Temukan inspirasi
Banyak sekali hal-hal baru yang bisa kamu temukan. Amati hal sekitarmu yang menarik, nikmati musik setempat, dengarkan iramanya. Amati cara berbicara orang – orang yang unik. Belajarlah bahasa mereka, ajak orang setempat untuk mengajarimu berbicara dengan dialek yang tepat. Jangan ragu untuk tertawa lepas ketika kamu gagal.

8. Fokus kembali pada tujuanmu
Tidak semua harus kamu perhatikan. Letakkan kembali perhatianmu pada tujuan akhirmu. Berfokuslah pada hal tersebut erta bagaimana cara mencapainya. Jangan salah, pencerahan dan inspirasi lebih sering datang ketika kamu jalan-jalan lho.

9. Menyibukkan pikiranmu dengan hal – hal baru
Tempat-tempat yang baru berarti juga mempersiapkan segala hal yang baru. Kalau bisa, pergilah ke daerah yang berbeda musim dan suasana. Lalu, pikirkan apa saja yang kamu ingin lakukan di tempat baru, mungkin berpesta, mungkin hidup bersama orang orang yang gaya hidupnya jauh berbeda. Coba pikirkan pakaian apa yang pantas digunakan, pikirkan apa saja yang harus dibawa ketika nanti jalan – jalan. Persiapkan semua dengan baik.

10. Buatlah kenangan – kenangan baru dalam pikiranmu
Tempat jalan-jalan biasanya juga penuh dengan segala sesuatu yang baru. Oleh karena itu cobalah semua hal-hal baru yang ada disana, makanan aneh, permainan seru, apapun yang menyenangkan. Jangan lupa buat daftar tantangan apa saja yang harus dilakukan. Selesaikan tantanganmu.