Membiasakan kehidupan sehat seperti makan sehat, olahraga, tidur cukup, sangat baik untuk hidup kita. Pernahkah terpikirkan, mengapa kita perlu membiasakan kebiasaan ini? Apa manfaatnya?

Manfaat kebiasaan sehat haruslah berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Meskipun dampaknya sangat baik untuk tubuh kita, tetapi untuk merutinkannya, membutuhkan kerja keras.


Inilah 4 manfaat kebiasaan sehat untuk tubuh kita:

Memperbaiki mood

Ketika kita menjaga tubuh kita dengan baik, maka pikiran kita pun akan lebih tenang, sehingga mood kita relatif lebih stabil. Aktivitas fisik menstimulasi hormon endorfin di otak untuk membuat perasaan lebih ceria dan rileks. Selain aktivitas fisik (olahraga), makan yang sehat, kehidupan sosial yang sehat juga bisa meningkatkan produksi hormon endorfin.

Menjaga berat badan

Makan sehat dan olahraga dapat menghindarkan kita dari naiknya berat badan dan menjaga berat badan kita  tetap stabil.

Makan dengan gizi seimbang dan tidak berlebihan. Biasakan sarapan karena akan mencegah kita sangat lapar di siang hari. Jika kita tidak sarapan, maka kita bisa makan berlebihan saat sehat, sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh berlebihan. Ini tentu saja tidak sehat untuk organ pencernaan.

Biasakan untuk olah raga setiap hari, jika tidak bisa maka perbanyaklah aktivitas fisik. Aktivitas fisik ini misalnya banyak jalan kaki, atau sering menggerakkan anggota tubuh terutama untuk kita yang terlalu banyak duduk.

Mencegah timbulnya penyakit

Kebiasaan sehat dapat menaikkan kekebalan tubuh kita, sehingga tidak mudah sakit. Organ tubuh terjaga dengan baik. Begitu juga dengan level kolesterol, tekanan darah berada di dalam rentang nilai yang aman.

Menaikkan stamina tubuh

Level energi naik ketika kita menjaga tubuh kita dengan kebiasaan sehat. Makanan sehat dan seimbang memberikan suplai energi untuk tubuh. Suplai energi ini bisa dijaga untuk selalu memberikan stamina prima untuk semua aktivitas kita. Tidur cukup sehingga badan bisa mendapatkan waktu istirahat yang nyaman, sehingga badan kita lebih segar saat bangun. Dengan tidur yang cukup, maka cukup juga waktu organ tubuh untuk beristirahat dengan optimal.