Cara Mengatur Uang Agar Bisa Keliling Dunia!



Bisa keliling dunia adalah impian yang dimiliki oleh banyak orang. Siapa sih yang nggak mau jadi traveler yang bisa merasakan indahnya pengalaman dari seluruh belahan di muka bumi? Pertanyaannya, dapet duit dari mana buat modal jalan-jalan keliling dunia?

Sebelum mulai menyimpan dan mengatur uangmu, penting untuk menentukan kemana kamu ingin pergi. Pilihlah tujuan yang paling memungkinkan untuk kamu saat ini. Jika kamu merasa belum mampu membiayai perjalanan ke luar negeri, maka tidak ada salahnya memutuskan untuk traveling di dalam negeri dulu. Setelah kamu punya tujuan, kamu mulai bisa mengira-ngira berapa dana yang kamu butuhkan.

Setelah tahu kamu ingin pergi kemana, mulailah mencari tahu biaya apa saja yang harus kamu keluarkan. Mulai dari biaya transportasi, penginapan, logistik, tiket masuk ke objek wisata, hingga menghitung rancangan pengeluaran untuk membeli barang-barang yang akan kamu butuhkan selama bepergian.


 Buatlah daftar yang rapi, cantumkan setiap item dan berapa pengeluaran yang kamu butuhkan. Jangan terpaku pada tips dan trik traveling yang mainstream. Selalu cari alternatif agar biaya perjalananmu bisa lebih murah. 

Kalau sudah selesai, tempelkan daftar tersebut di tempat yang bisa kamu lihat. Atau catat di agendamu dan bawa kemanapun kamu pergi. Dengan begitu kamu akan selalu ingat kalau kamu harus menyimpan uang sebesar itu demi mewujudkan rencana perjalananmu.

Setiap bulan, berjanjilah pada diri sendiri untuk menyisihkan pendapatanmu demi rencana traveling yang kamu idamkan. Besarnya terserah kemampuanmu, yang penting setiap kamu dapat penghasilan selalu sisihkan uang untuk mendanai perjalanan. 


Tahan diri untuk tidak mengutak-atik simpanan itu. Kalau perlu bikin rekening sendiri yang berjangka. Jadi kamu tidak akan bisa mengambilnya sampai menjelang keberangkata

Kalau biasanya kamu makan siang diluar, cobalah untuk mulai merubah kebiasaan itu. Kamu bisa menghemat uang yang cukup lumayan hanya dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Kalau uang makan siangmu sehari 30 ribu, dalam sebulan kamu sudah bisa menyisihkan Rp 900.000,00 untuk dana perjalanan. Selama setahun kamu udah bisa dapat 10 juta loh!

Kalau kamu perhatikan biasanya harga minuman di restoran selalu lebih tidak masuk akal dibandingkan harga makanannya. Yup, memang inilah taktik para pengusaha restoran. Mereka mengambil keuntungan lebih banyak dari penjualan minuman.

Jika memungkinkan, bawalah bekal air putih setiap saat kamu pergi. Jadi kamu tidak akan lagi keluar uang untuk membeli minuman dalam kemasan atau memesan minuman mahal di tempat makan. 

Kalau kebetulan kamu makan ditempat yang melarang pengunjungnya membawa minuman dari luar, pesan saja air putih. Selain jauh lebih murah, kamu juga bisa jadi lebih sehat jika melakukan kebiasaan ini dalam jangka panjang


Ulanglah pola ini setiap bulannya dan kamu bisa menikmati uang hasil tabungan berhemat!

0 Response to "Cara Mengatur Uang Agar Bisa Keliling Dunia!"

Posting Komentar