Bahaya! 7 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Lebih Dari Sekali!

Jika makanan sudah dingin, sering kali kita menanaskanya kembali sebelum dikonsumsi, namun perlu diketahui tidak semua makanan aman untuk dipanaskan, Dilansir dari Tahupedia, berikut ini 7 makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali.

Daun Seledri



Yang pertama adalah daun seledri, daun seledri memberikan aroma dan rasa yang menggugah selera jika ditambahkan dimasakan. Namun jika daun seledri ini dipanaskan kembali akan menimbulkan masalah. Daun seledri kaya akan nitrat, dan ketika dipanaskan kembali nitrat akan berubah menjadi nitrit yang akan memicu methemoglobinemia. Methemoglobinemia adalah sebuah kondisi ketidak mampuan darah untuk memompa oksigen ke tubuh.

Bayam



Berikutnya bayam, sayuran yang tinggi serat bisa membuat anda kenyang lebih lama, dan melancarkan BAB. Sayur bayam memanglah bagus untuk pencernaan, namun anda tidak boleh memanaskanya kembali. Bayam mengandung 2 nutrisi nitrat dan juga zat besi, ketika anda memanaskanya kembali, nitrat dapat berubah menjadi nitrit dan senyawa lainya, yang juga termasuk dalam kategori karsinogen, yaitu zat yang bertanggung jawab akan terjadinya kanker

Telur



Telur dapat dimasak dengan berbagai cara, direbus, digoreng maupun di dadar, tergantung selera masing masing. Mengonsumsi telur pun tidak bisa sembarangan, namun jika telur dipanaskan ulang, ini bisa menimbulkan masalah. Telur yang dipanaskan kembali dapat merubah telur menjadi racun, dan apabila anda memakanya, sistem pencernaan anda akan bermasalah.

Kentang



Berikutnya kentang, umbi ini memiliki rasa yang enak dan bisa digunakan sebagai pengganti nasi, dikarenakan kentang mengandung karbohidrat tinggi. Kentang bisa dijadikan solusi untuk yang sedang diet. Perlu diketahui kentang yang telah dimasak, atau ditinggalkan dalam suhu ruangan yang tinggi di waktu yang lama dapat mengakibatkan keracunan makanan.

Daun Selada



Daun selada sering kita temui pada makanan seperti gado gado, yang digunakan sebagai lalapan sering dikonsumsi secara mentah. Manfaat daun selada adalah menjaga kesehatan jantung, mencegah tulang keropos, dan juga kesehatan mata. Akan tetapi jika dipanaskan daun selada, nitrat yang terkandung dalam daun selada dapat berubah menjadi nitrit, yang merupakan salah satu pemicu zat kanker.

Jamur



Jamur yang kaya dengan protein ini sebisa mungkin harus dihabiskan dalam sekali masak. Namun ketika anda memasaknya lebih dari sekali, struktur protein yang terkandung dalam jamur berubah menjadi senyawa berbahaya, yang efeknya bisa menjadi masalah pada pencernaan dan jantung.

Lobak



Dan yang terakhir adalah lobak, sayuran lobak sering ditemukan pada makanan seperti sup. Lobak sering dianggap sebagai makanan yang bisa mengusir racun dalam tubuh. Akan tetapi jika anda mengolahnya lebih dari sekali, lobak bisa menjadi racun berbahaya

0 Response to "Bahaya! 7 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Lebih Dari Sekali!"

Posting Komentar