Tinggal Sendirian di Luar Kota Bukan Masalah Kalau Kamu Ingat Hal Ini!


Ketika menginjak usia dewasa, tak menutup kemungkinan kamu akan berpisah tinggal jauh dari kedua orangtua. Entah karena melanjutkan kuliah di luar kota, atau karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskanmu melancong ke kota orang. Sebagai wanita tentu ada rasa kawatir saat harus hidup nge-kost sendiri, apalagi tak memiliki sanak saudara yang berdekatan dan bisa dimintai bantuan.

Wajar kok, bila kamu masih saja merasa was-was. Karena sebagai perempuan, sering dianggap lemah dan rentan menjadi korban kejahatan. Biar gak semakin parno, coba perhatikan dan kerjakan beberapa hal di bawah ini. Agar kamu lebih tenang dan percaya diri meski harus tinggal sendiri.

Sebelum memutuskan untuk nge-kost atau mengambil rumah kontrakan, alangkah baiknya lebih dulu cek soal keamanannya. Jangan sampai, karena tergiur harga murah, kamu jadi mengabaikan poin penting ini. Tanyakan apakah di lingkungan sekitar ada satpam maupun petugas yang menjaga keamanan, atau tidak. Bila kamu memutuskan nge-kost, pastikan bahwa ada ibu kost atau penjaga yang mengawasi tempat kost-mu itu.

Di zaman modern seperti sekarang ini, beberapa kost atau lingkungan perumahan sudah dipasang kamera pengintai, atau CCTV namun itu belum cukup menjamin kemanan, lho. Harus ada petugas atau minimal satpam yang siap siaga berjaga-jaga.

Ketika mencari kontrakan atau kamar kost, banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan. Selain harga, fasilitas dan keamanan jarak kost atau rumah dari kampus maupun kantor tempatmu bekerja, juga penting diperhatikan. Jangan sampai kamu memilih tinggal di kontrakan yang jaraknya sangat jauh dari kantor. Itu sangat tidak efisien waktu.


Salah satu hal yang penting untuk kamu lakukan adalah, mencoba akrab dengan warga sekitar. Kita gak pernah tahu kan, bakal terjadi peristiwa apa ke depannya. Dengan mengenal dan dikenal baik oleh warga sekitar, akan memudahkanmu mendapatkan kenyamanan. Misalnya saat ada orang mencurigakan di sekitar tempat tinggalmu, tetangga akan dengan sigap memberitahu. Atau soal sepele seperti jemuran. Di saat hujan turun dan kamu belum pulang kerja, mereka akan suka rela membantu mengamankan cucianmu agar tidak basah kuyup.

Makanya penting bagimu untuk sesekali 'menampakkan diri" ke luar rumah atau kamar kost, sapa para ibu-ibu komplek dengan ramah, atau pergi belanja di tukang sayur langganan mereka dan biasakan mengobrol bersama warga yang lain. Percayalah, dengan bersikap demikian akan menjauhkan kamu dari bahan gosip. Jangan betah di dalam kamar terus, sampai lupa bersosialisasi, ya.

sumber: https://www.idntimes.com/life/women/angel-ai-rose/hal-penting-yang-harus-dilakukan-saat-cewek-tinggal-sendirian-c1c2-1/full