Selalu ada cerita menarik dibalik kesuksesan seseorang. Nah, tahukah kamu bahwa ternyata banyak orang sukses yang punya hobi tidur siang? John F. Kennedy, Winston Churchill, Leonardo da Vinci, Napoleon Bonaparte, Salvador Dali, hingga Thomas Alva Edison dan Ronald Reagan misalnya.

Yup, kita mungkin akan berpikir bahwa mereka pasti lebih suka menghabiskan waktunya untuk bekerja dan bekerja. Tapi siapa sih yang menyangka kalau mereka justru melakukan sebaliknya? Bagi mereka, kebiasaan tidur siang tak melulu berarti malas-malasan, tapi justru jadi salah satu cara rahasia yang mengantar mereka pada kesuksesan.

1. Di sela-sela rutinitas kerja yang menyiksa, tidur siang jadi cara sederhana yang membuat kebugaran tubuhmu tetap terjaga
Sehari-harinya, kita seperti tenggelam dalam rutinitas harian. Bekerja dari pagi hingga petang, berkutat dengan perkuliahan dan tugas-tugas kampus, atau menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah yang seperti tak ada habisnya. Berbagai aktivitas tersebut kadang membuat kita lupa, bahwa tubuh kita pun butuh diistirahatkan juga.

Menurut The National Sleep Foundation, setiap harinya kita butuh tidur siang selama 20 hingga 30 menit untuk mengecas tubuh. Pasalnya, aktivitas yang padat jika tanpa diimbangi waktu istirahat justru bisa berakibat fatal. Itulah alasannya mengapa kita perlu sejenak tidur siang di sela-sela aktivitas. Bahkan, setelah bangun tidur kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih maksimal.

2. Ketika perkara pekerjaan mengakibatkan stres dan perasaan tertekan, hobi tidur siang bermanfaat untuk merilekskan tubuh dan pikiran
Hal-hal yang kaitannya dengan pekerjaan seringkali bisa mengakibatkan stres dan perasaan tertekan. Apalagi, jika tubuhmu memang sudah terlalu lelah karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Stres dan perasaan tertekan yang dibiarkan berlarut-larut akan semakin membuatmu frustasi.

Dalam kondisi ini, satu-satunya yang kamu butuhkan adalah sejenak menjauh dari pekerjaan untuk merilekskan pikiran. Tidur siang bisa jadi cara paling praktis yang bisa kamu pilih. Cukup dengan 20 menit, sekejap kondisimu akan membaik sehingga memungkinkan untuk melanjutkan pekerjaan.

3. Saat pikiran sedang “buntu”, tidur siang membuatmu bangun dengan ide-ide baru
Fakta ini diungkapkan oleh Dr Sandra C. Mednick, pengarang buku Take a Nap, Change Your Life, bahwa tidur siang terbukti bisa meningkatkan sensitivitas tubuh. Indra penglihatan, pendengaran, maupun kemampuan merasakan bisa meningkat setelah kamu terbangun dari tidur siangmu. Dengan begitu, tentu saja kamu bakal lebih fresh dan lebih kreatif berpikir. Tak heran jika kamu justru bisa menemukan ide-ide segar setelah bangun dari tidur siang.

4. Hobi tidur siangmu terbukti ampuh menangkal resiko kematian akibat penyakit jantung
Archived of Internal Medicine yang rilis di 2007 menyebutkan bahwa 64% pekerja berpotensi meninggal karena penyakit jantung, sedangkan 37% lainnya terbebas dari potensi tersebut karena punya kebiasaan tidur siang secara rutin, setidaknya tiga kali seminggu. Menurut Dimitrios Trichopoulus dari Harvard School of Public Health di Boston yang memimpin penelitian tersebut, tidur siang bisa jadi senjata ampuh buat melawan kematian akibat jantung koroner.

5. Produktivitas akan cenderung menurun saat siang hari, tapi kebiasaan tidur siang
Semakin siang, para pekerja biasanya akan semakin tidak produktif. Otak dan tubuh kita akan melemah lantaran merasa lelah. Nah, sekadar 30 menit tidur siang akan berdampak luar biasa karena bisa mengembalikan energi dan semangat kerja seperti semula atau seperti saat pagi hari.