Manfaat Ajaib dari Setetes Minyak Kelapa!

Indonesia merupakan negara penghasil minyak kelapa terbesar di dunia. Sebagai negara tropis, kelapa memang mudah tumbuh di daerah manapun di Indonesia. Pada tahun 2012, produksi minyak kelapa sudah mencapai 23 ton (lihat wawancara dengan Menteri Pertanian, disini).

Sayang, kita masih kurang memanfaatkan produk yang satu ini di kehidupan sehari-hari. Padahal di luar negeri minyak kelapa sudah dikenal keajaibannya untuk sebagai produk multifungsi yang bisa digunakan dalam setiap kesempatan, lho.

Sebel nggak sih kalau kutikula kita keluar? Rasanya gak enak dipandang dan sakit kalau tersenggol. Minyak kelapa bisa jadi solusi untuk masalah ini.

Cukup oleskan minyak kelapa di area jari yang kutikulanya bandel, pijat sedikit agar minyaknya meresap. Kandungan minyak kelapa bisa melembabkan tangan dan menjinakkan kutikulamu. Gak perlu repot lagi harus meni-pedi di salon.

2. Minyak kelapa + madu = masker rambut super
Katakan selamat tinggal pada perawatan mahal rambut di salon. Dengan mencampurkan minyak kelapa dan madu, kamu akan mendapatkan masker rambut alami yang bisa membuat rambutmu halus dan wangi.

Cukup campurkan kedua bahan, oleskan di rambutmu. Tunggu selama 40 menit dan rasakan khasiatnya.

3. Kondisioner Untuk ujung rambut
Minyak kelapa juga bisa kamu gunakan sebagai leave-on conditioner untuk mencegah ujung rambutmu bercabang. Cukup oleskan sedikit minyak kelapa ke ujung rambut sebelum keramas, tunggu sejenak lalu keramas deh seperti biasa.

4. Minyak Kelapa + Baking Soda = Exfolian Kulit Alami
Merasa kulitmu kusam dan gak bercahaya? Campurkan minyak kelapa dengan bakin soda, oleskan di bagian yang kamu rasa kusam.

Campuran ini berfungsi sebagai exfolian alami untuk meluruhkan sel kulit mati dan membawa kulitmu yang bersinar ke permukaan. Ini bisa kamu gunakan untuk wajah dan badanmu, loh.

5. Spray Conditioner Buat Rambut
Masukkan minyak kelapa ke botol semprot kecil, dan semprotkan ke rambutmu yang terasa kasar atau susah diatur. Sedikit sentuhan minyak kelapa dapat menyelamatkanmu dari tragedi bad hair day.

6. Minyak kelapa +alpukat + madu=  Masker wajah anti jerawat
Cocok buat kamu yang mukanya gampang jerawatan. Campurkan minyak kelapa, alpukat plus madu, lalu oleskan di wajahmu selama 15 menit. Minyak kelapa dan madu memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri-bakteri jahat penyebab jerawat di wajahmu.

7. Minyak Kelapa + Madu + Gula Merah = Scrub Bibir Alami
Kalau kamu punya kulit bibir yang kering membandel, cara ini pantas kamu coba. Campurkan minyak kelapa, madu dengan satu sendok teh gula merah bubuk.

Gosok di bibirmu dengan gerakan melingkar. Bilas dengan air hangat. Bye-bye bibir kering pecah-pecah.

8. Scrub Badan
Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk meluruhkan kotoran dan daki di tubuhmu. Caranya gampang. Cukup panaskan minyak kelapa dengan suhu rendah, kemudian campurkan 1 sendok makan gula merah atau garam mandi.

Kalau mau, kamu juga bisa menambahkan minyak aromaterapi sebagai pewangi untuk relaksasi. Gosokkan deh ke tubuhmu.

9. Teman Saat Berendam
Campurkan minyak kelapa dan garam mandi untuk menemanimu saat berendam di air hangat. Tidak hanya relaks, kamu juga bisa mendapatkan kulit yang lembab.

10. Tinted Lip Balm
Kalau lipstikmu tinggal tersisa sedikit, jangan buru-buru dibuang. Lelehkan sisa lipstik itu dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa. Masukkan ke jar kecil, kemudian simpan di lemari es hingga mengeras.

Kamu akan mendapatkan lip balm berwarna lembut yang istimewa. Nggak hanya menciptakan warna yang natural di bibir, tinted lip balm ini juga bisa sekaligus melembabkan kulit bibirmu.

0 Response to "Manfaat Ajaib dari Setetes Minyak Kelapa!"

Posting Komentar