Ingin Produktif Saat Pertama Kali Masuk Kerja? Ikuti Tips ini Yuk!

Satu jam pertama saat memulai pekerjaan ternyata menentukan kesuksesanmu sepanjang hari. Apa yang harus dilakukan agar satu jam pertamamu produktif? Kamu bisa mencoba beberapa tips ini.

1. Stop cek e-mail
Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk mengecek e-mail sesampainya mereka di tempat kerja. Jika kamu adalah salah satu yang memiliki kebiasaan itu, pertimbangkan untuk berhenti mulai sekarang. Membuka e-mail di pagi hari memang tampak produktif, padahal itu mengalihkan perhatianmu. Bisa-bisa kamu menghabiskan satu jam pertamamu hanya untuk membalas e-mail yang tidak begitu penting. Jika ada hal penting yang membutuhkan responmu segera, seseorang pasti akan langsung meneleponmu.

2. Memulai hari dengan bersyukur
Orang-orang sukses justru menghabiskan 10-30 menit dari satu jam pertama mereka untuk mengucap syukur atas apa yang telah mereka dapatkan. Setelah itu, mereka akan memvisualisasikan tujuan apa yang ingin mereka capai. Cara ini dapat memberimu semangat untuk menjalani sisa hari.

3. Berikan penghargaan untuk dirimu sendiri
Cobalah untuk melakukan hal yang kamu sukai. Mendengarkan musik dari penyanyi favoritmu misalnya. Atau membuat minuman coklat hangat kesukaanmu. Hey ingat, kamu sudah berhasil mengalahkan kemalasanmu untuk berangkat kerja hari ini. Kamu berhak mendapat hadiah kecil.

4. Selesaikan dulu hal yang paling tidak kamu sukai
Manfaatkan awal harimu dengan menyelesaikan pekerjaan yang paling membuatmu malas. Energi di awal hari bisa menciptakan semangat untuk segera menyelesaikan tugas itu. Kalau perlu kamu bisa mempersiapkan bahan yang bisa mendukung penyelesaian tugas di hari sebelumnya. Tuliskan tugas yang ingin kamu selesaikan di awal hari itu, dan pasang di meja kerjamu untuk pengingat. Jika kamu berhasil menyelesaikan pekerjaan terberat di awal hari, maka sisa hari itu akan terasa lebih ringan.

5. Tanyakan pada dirimu, “Apakah kamu benar-benar ingin melakukan pekerjaan ini?”
Ada baiknya memulai rutinitas pekerjaan dengan sebuah kontemplasi. Jika di setiap pagi kamu merasa pekerjaanmu tidak membuatmu bahagia, ada baiknya kamu mengambil jalan sukses dengan keluar dari pekerjaan itu segera.

6. Rencanakan harimu
Saat sudah mulai bekerja, terkadang kita lupa untuk mempertimbangkan penggunaan waktu. Tahu-tahu waktu berjalan dengan cepat. Dalam satu jam pertama harimu, cobalah membuat perencanaan waktu untuk tugasmu sepanjang hari. Tulis rencana penyelesaian tugasmu hari itu dalam hitungan jam, dan perbaharui jadwal itu di tengah hari.

7. Jangan adakan rapat
Satu jam pertama dalam waktu kerja akan jadi sia-sia jika digunakan untuk rapat. Manfaatkan energi dan stamina di awal hari untuk pekerjaan yang membutuhkan fokus lebih besar. Rapat bisa menunggu sampai siang hari.

8. Tunda waktu penyelesaian masalah dengan rekan kerja
Jika di hari sebelumnya kamu mempunyai masalah dengan bos atau rekan sejawat, tahan diri dulu untuk tidak langsung menyelesaikannya di pagi hari. Membahas mengenai persoalan personal dengan rekan kerja bisa menghabiskan energimu. Lagipula, orang yang baru sampai di tempat kerja cenderung masih terbebani stres dari rumah dan sepanjang perjalanan.

9. Sapa rekan kerjamu
Memperhatikan lingkungan kerja dan rekan di sekelilingmu bisa membawa perubahan berarti bagi karirmu. Cobalah memulai hari dengan menyapa atasan, teman satu ruangan hingga cleaning service di kantormu. Sebuah sapaan tidak akan menyakiti siapapun. Lagipula, kamu tidak tahu kapan akan membutuhkan bantuan mereka kan?

10. Berusahalah untuk rileks
Tidak ada salahnya mengggunakan waktu di awal hari untuk bersantai. Kamu bisa melakukan olah nafas atau meditasi sederhana. Dengan ketenangan, kamu bisa lebih jernih menghadapi masalah yang mungkin muncul di hari itu.

0 Response to "Ingin Produktif Saat Pertama Kali Masuk Kerja? Ikuti Tips ini Yuk!"

Posting Komentar