Pernah ‘kan merasa deg-degan ketika diminta ngomong di depan orang banyak? Apalagi bagi kamu yang memang masih termasuk pemula. Saat puluhan, atau malah ribuan, pasang mata memandang, saat itu pula kamu pengen secepat-cepatnya turun dari panggung.

Merasa gugup sebelum bicara di depan publik itu wajar. Tapi kalau berlebihan juga berbahaya. Bisa-bisa pesan yang ingin kamu sampaikan malah gak didengerin.

Untuk menghindari hal itu, berikut Hipwee kasih kamu beberapa tips untuk mengontrol rasa gugup dan menaikkan rasa percaya dirimu:

1. Ambil Topik Yang Kamu Pahami
Pilih topik yang menarik bagi kamu, hal yang kamu paham banget. Bikin materi pidato dengan topik yang kamu kenal, kasih sedikit humor, pengalaman pribadi dan sekali-sekali ajak pendengar berdialog. Dengan begitu kamu gak bakal blank saat berbicara.

2. Latihan, Lalu Latihan Lagi
Latihan kayak kamu benar-benar diatas panggung, bukan di depan cermin. Jika kamu akan memakai alat (komputer, slide) latih juga penggunaannya.

Atur nafas dan jeda. Gunakan timer kalau jatah bicara kamu dibatasi.

3. Penampilan Itu Penting
Jika kamu berkegiatan di bidang yang mengharuskan kamu bicara di depan publik, maka penampilan itu sangat penting. Ada banyak orang akan lihat tampang kamu, pastiin kamu terlihat oke. Semakin rapi dandanan kamu, kamu juga semakin terlihat siap dan profesional.

4. Kenali Audiens
Kamu musti paham dan kenal dengan penonton/pendengar kamu bicara. Do Your Homework, cari tahu di forum apa kamu bakal bicara, tanya ke panitia jumlah orang yang akan hadir. Kalau perlu datang lebih awal ke tempat acara, lalu bersalam sapa dengan audiens-mu.

5. Paham Dengan Ruangan
Datang lebih awal, lihat situasi venue kamu menyampaikan pidato atau presentasi. Apakah di ruang serba guna atau di ruangan seluas lapangan sepakbola? Cek juga kesiapan tata suara dan microphone. Semakin paham kamu dengan keadaan panggung, smakin nyaman kamu menyampaikan pesan.

6. Kamu Luar Biasa!
Bayangkan dirimu di podium, menyampaikan pidato berapi-api, menginspirasi banyak orang, lalu disambut dengan standing ovation. Jangan bayangkan kamu terbata-bata dan gagal di podium. Jika kamu membayangkan dirimu gagal, kamu mungkin akan gagal beneran.

7. Mereka Juga Bilang Kamu Luar Biasa
Sadar gak? Audiens sengaja datang untuk menyaksikan kamu bicara. Mereka ingin mendapat ilmu, semangat. Mereka berharap bisa mendengar kisah kamu. Jadi beri mereka sesuatu yang menginspirasi dan menghibur.

8. Tetap Tenang
Mulai dengan menyapa penonton, gunakan semangat mereka untuk menghilangkan kegugupanmu. Senyum, jangan lupa bernafas dan ambil jeda jika perlu.