Cinta mengajarkanmu banyak hal tentang kehidupan. Salah satu proses belajar bisa kamu dapatkan dari putus cinta yang menjadi salah satu fase dalam kehidupan yang pasti dialami banyak orang. Di kata ‘putus’ itulah kamu baru menyadari arti mencintai seseorang. Setelah putus pun kalian harus melewati proses yang tidak mudah. Ada aktivitas yang biasanya kalian habiskan bersama, kini harus berjalan sendiri-sendiri.

Dibalik putus cinta itu, ada banyak pelajaran yang bisa kamu pahami. Mungkin kamu tidak sadari, tapi lewat proses itu kamu belajar banyak hal tentang arti kehidupanmu. Apa saja?

1. Dari proses patah hati, kamu belajar ikhlas melepaskan orang yang kamu sayangi
Sulit rasanya melawan fakta bahwa kamu dan dia sudah tidak bersama. Biasanya setiap hari kamu berkomunikasi dengan dia, tapi kini kamu harus menjalani hari-hari tanpa dia. Berat rasanya, tapi ini fase yang harus kamu hadapi: belajar untuk merelakan perpisahan ini.

Memang susah untuk merelakan hubungan asmara yang sudah kamu bina. Tapi, apa daya, kalian sepakat untuk berpisah dan kalian harus belajar untuk merelakan keadaan yang ada.

2. Kamu jadi sadar hidupmu bukan hanya tentang dia, life must go on
Hidup itu terus berputar seperti roda. Jangan habiskan waktumu hanya menyesali keadaan yang ada. Menghabiskan waktu meratapi putusnya hubunganmu bisa membuatmu lupa dengan sekitarmu. Ingat, hidupmu bukan hanya tentang mantan kekasihmu, masih ada sahabat dan keluarga yang membutuhkanmu.

3. Putus cinta membuatmu lebih bijak untuk menjalin hubungan selanjutnya
Sadarkah kamu bahwa putus dari kekasih membuatmu lebih bijak?

Menyudahi hubungan dengan dia, itu sudah menjadi salah satu langkah terberani yang kamu lakukan dalam hidupmu. Ada rasa yang harus dibayar dari perpisahan itu. Galau berbulan-bulan, nangis di depan teman, dan mengenang semua kenangan bersama si mantan, menjadi suatu pengalaman yang harus kamu hadapi. Selanjutnya, kamu bisa lebih bijak dalam memilih pasangan hidupmu. Kamu tidak mau mengalami kegagalan cinta untuk kesekian kalinya.

4. Karena dia belum digariskan untuk hidupmu,kamu jadi tahu bahwa masih banyak hal-hal baik lain yang tengah menunggu
Untuk menemukan siapa yang pantas untuk mu, ada kalanya kamu harus menjalin hubungan dengan dia yang rasaya tidak pantas untukmu. Setelah putus, kamu pun tersadar ternyata masih ada yang lebih baik dari dia yang dulu. Masa lalu menjadi pengalaman hidupmu dan ada saatnya kamu bertemu dengan masa depanmu.

5. Pengalaman gagal dalam bercinta sesungguhnya kembali menumbuhkan kepercayaan dirimu
Ada satu pertanyaan yang harus kamu tanyakan ke dalam dirimu: Selama kami bersama, apakah aku bebas menjadi diriku sendiri?

Jangan pernah untuk merubah dirimu hanya untuk kesenangan orang lain. Menjadi diri sendiri adalah hal yang paling penting dalam hidupmu. Jangan biarkan putus dari mantan kekasih merubah dirimu menjadi pribadi yang tertutup dan kamu malah menjauhi teman-temanmu.

kegagalan dalam berhubungan akan membuatmu sadar ada banyak kesempatan yang belum bisa kamu ambil saat kamu dan dia bersama. Ini saatnya kamu raih segala kesempatan yang ada. Tidak ada lagi orang yang akan melarangmu ini-itu. Ini waktunya kamu fokus membahagiakan dirimu sendiri. Memperbaiki penampilan atau mulai mencari teman baru bisa menolongmu untuk mengembalikan self-esteem yang sempat pudar. Pada akhirnya, kamu sadar kamu menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.