Jadi jomblo itu adalah salah satu tahap kehidupan. Nggak perlu kecil hati dulu kalau kamu udah lama nggak punya pacar. Sebagai jomblo, bukan berarti kamu nggak bisa menjalani hari dengan nyaman. Jadi jomblo nggak terus-terusan menyedihkan, kok.

Ketika kamu sudah nyaman dengan status jomblomu, kamu nggak akan membiarkan itu jadi penghalang kebahagiaanmu. Nah, di bawah ini adalah tanda-tanda ketika kamu sudah nyaman dengan statusmu:

1. Kamu nggak keberatan bermalam minggu sendirian di rumah
Berstatus jomblo membuatmu nyaman untuk berada di rumah. Kamu nggak heboh harus menelpon teman-temanmu untuk nongkrong di hari Sabtu. Kamu lebih memilih baca buku atau menghabiskan film yang tersimpan di laptopmu. Buatmu, akhir pekan adalah waktu untuk dirimu sendiri!

2. Kamu bakal benar-benar tulus berbahagia waktu temanmu tunangan, menikah, dan punya anak
Kamu akan menjadi orang yang heboh, dan bahkan sangat terharu, saat sahabatmu akan menikah. Yang ada di pikiranmu bukan perasaan sedih karena temanmu akan memulai hidup baru dan meninggalkanmu, tapi perasaan nggak sabar ingin menggendong “ponakan” barumu.

Ketika temanmu harus pindah kota karena ikut dengan suaminya, kamu pun nggak akan sedih terlalu lama. Kamu justru senang karena dia bisa mendapatkan pengalaman hidup di tempat baru. Kamu pun yakin, dia masih bisa bertemu denganmu di waktu-waktu liburan tiap tahunnya.

3. Kamu menikmati saat-saat jadi ‘obat nyamuk’
Ketika kamu jalan dengan temanmu dan pacarnya, kamu tidak keberatan untuk menjadi ‘obat nyamuk’ di antara mereka. Saat mereka saling pegangan tangan dan berpelukan, kamu malah santai dan lebih menikmati makanan yang ada di depanmu. Kamu tidak merasa iri atau tidak nyaman berada di antara mereka. Justru, biasanya kamu menjadi peramai di antara mereka.

4.  Ketika ada yang bertanya tentang statusmu, kamu menjawabnya dengan santai
Kamu merasa santai dan tidak keberatan menjawab statusmu yang masih jomblo. Bagimu, menjadi jomblo itu bukanlah hal yang memalukan. Saat orang lain bertanya-tanya kenapa kamu masih jomblo dia ntara teman-temanmu yang sudah punya pasangan, kamu malah santai  dengan buku bacaan yang kamu bawa atau kue yang terhidang di depanmu.

5. Kamu tidak keberatan untuk jalan ke mal atau nonton sendirian
Saat yang lain pergi ke mall sama pacarnya, kamu malah dengan santainya pergi ke mall sendiri. Kamu menikmati kesendirianmu di bioskop. Bahkan, kamu tidak keberatan untuk traveling sendirian ke mana-mana.

6.  Ketika orang di sekitarmu menganggap status jomblomu itu aneh, kamu malah berpendapat bahwa mereka yang aneh
“Tunggu, kenapa semuanya nanya pacar? Emang salah ya jadi jomblo? Aneh-aneh aja sih orang jaman sekarang.”
Ketika orang lain menganggap ada yang salah dengan dirimu karena kamu masih jomblo, justru kamu juga berpikir sebaliknya. Kamu merasa orang-orang yang bertanya-tanya tentang statusmu adalah orang aneh dan kepo yang mau tahu urusanmu.

7. Jadwalmu penuh dengan agenda-agenda tertentu
“Makan siang sama teman kuliah, makan malam sama teman kos, nonton sama saudara, rapat makrab jurusan, rapat kantor, seminar penulisan di kampus, workshop kerajinan bambu, Sabtu jalan ke kebun binatang, Minggu ke gereja terus lanjut bersih-bersih rumah, dan lain-lain.”

Jadwalmu penuh dengan kegiatan-kegiatan penting. Makan siang atau nongkrong sama teman kantor juga masuk dalam jadwal sibukmu. Hari-harimu diisi dengan banyak rapat atau urusan lainnya. Kamu menikmati semua kegiatan yang kamu lakukan walaupun tidak ada hubungannya dengan kehidupan asmaramu.

8. Kamu lupa bagaimana rasanya kencan atau punya pacar
Lama menjomblo membuatmu lupa gimana rasanya kencan. Kamu bahkan lupa gimana rasanya pdkt, kamu nggak tahu caranya kirim sms ke gebetan, atau harus ijin pergi ke kampus membuatmu canggung. Bagimu, hal-hal itu nggak penting dan kamu pasti mikir, “Emang harus ijin ya? Kalau mau jalan, yaudah jalan aja…ngapain minta ijin ke pacar?”

9. Kamu nggak peduli dengan pujian atau salam manis yang ditujukan ke kamu
Teman: “Eh, dapat salam dari Boni.” Kamu: “Oh ya.” Teman: “Salam balik nggak?” Kamu: “Hah? Ngapain? Perlu ya?” (pergi dengan santai)

Kelamaan jomblo membuatmu nggak peduli dengan salam-salam dari dari orang yang sebenarnya suka sama kamu. Ada yang sms pun, kamu cuekin. Kamu nggak punya waktu untuk meladeni orang yang nggak serius menunjukkan rasa sukanya ke kamu.

10. Kamu menerima dirimu yang sekarang
Jalan tanpa harus dandan, pergi ke mana-mana sendirian, itu tidak membuatmu sedih. Justru, kamu sangat menikmati hidupmu yang sendiri tanpa harus punya pasangan. Kamu bersyukur dengan statusmu yang jomblo karena kamu bisa menghabiskan banyak waktu dengan keluargamu.

11. Kamu berencana untuk berkeluarga, tapi tidak merasa tertekan untuk menuju ke proses itu
Setiap orang pasti punya rencana untuk berkeluarga, kamu pun juga begitu. Namun, rencana berkeluarga itu tidak membuatmu tertekan. Kamu tidak buru-buru harus mencari pacar atau calon suami. Di saat banyak yang menanyakan tentang rencana nikahmu, kamu dengan santainya bilang, "ntar juga ada waktunya kok"