Sulit Menemukan Tujuan Hidup ? Coba Metode Ikigai Ala Masyarakat Jepang


Ikigai adalah konsep yang dalam Bahasa Jepang berkaitan dengan bagaimana mereka meningkatkan kualitas hidup mereka. Tidak ada kata dalam Bahasa inggris juga Indonesia yang merupakan terjemahan langsung dari ikigai. Konsep ini sangat disarankan diterapkan bagi mereka yang tidak punya alasan untuk melanjutkan hidup sehingga dengan menerapkan konsep ini, mereka punya motivasi lagi untuk ”bangun di pagi hari” dan melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Ikigai punya empat elemen yang sering digambarkan melalui diagram ven. Setiap elemen punya dua inti ataunilai yang ingin dicapai. Ketika semua nilai tersebut saling beririsan, inilah yang disebut Ikigai. Artinya, jika apa yang ingin kita lakukan telah mencakup kedelapan nilai tadi, omedetou kamu sudah mencapai Ikigai-mu.

What You Love
Elemen ini memiliki dua nilai yaitu passion dan mission. Elemen selalu menjadi pertanyaan yang sering muncul dalam benak seseorang. Pikiran, bahwa ”Aku mau jadi apa sih”, ”Kayaknya aku gak bisa deh” sering kali muncul dan karenanya sering membuat kita ragu terhadap hal yang sedang kita lakukan. Cobalah menjawab pertanyaan tersebut dengan nilai passion-mission tadi. Kira-kira jadinya akan seperti ini : Apa yang bisa membangkitkan gairah dalam hidupmu dan Apa misi yang benar-benar ingin kamu jalankan dalam hidupmu yang hanya satu kali ini. Sehingga semua yang berkaitan dengan passion-mission ini akan mengarahkanmu pada aktivitas yang benar-benar menjadi kecintaanmu sendiri.

What You are Good at
Eleman ini berkaitan dengan nilai profession dan passion. Kaitannya dapat terlihat dengan jelas setelah mengetahui apa kecintaanmu. Tentu selama ini kamu menjalani hidup dengan segala persiapan yang lingkungan telah siapkan untukmu. Contohnya, kamu memiliki background pendidikan di jurusan teknik, sedangkan kecintaanmu muncul pada saat mengutak atik berbagai peralatan otomotif Ayahmu (passion). Berawal dari situ, kamu bisa memperlihatkan pada dunia bahwa kamu adalah seorang calon enginer handal masa depan.  Sebab kamu memiliki kemampuan, kecintaan pada hal tersebut dan diberkahi kesempatan yang tidak semua orang miliki.

What You Can Get Paid For
Saat dua elemen di atas tercapai, selanjutnya kamu akan memiliki profesi atau keahlian khusus di bidangmu yang kamu cintai dan kamu bekerja untuk mengembangkan keahlian tersebut vocation. Kedua elemen itu bersatu melahirkan timbal balik sesuai dengan apa yang akan kamu tampilkan pada orang-orang di sekelilingmu. Timbal balik dari elemen ini tidak terbatas dalam bentuk materi tapi dapat berupa inspirasi yang tercipta dari profesi yang telah kamu pilih. Timbal balik lain yang kamu dapatkan adalah pengalaman. Tapi semuanya selalu membutuhkan proses, sehingga kamu akan mendapatkannya secara bertahap.

What the World Needs
Jika telah memiliki pekerjaan (vacation) dan misi hidup (mission), sebagian besarkebutuhan dunia akan mudah kamu penuhi sesuai kapasitasmu. Saat itu datang kamu tidak bisa beralasan lagi bahwa kamu belum menemukan tujuan hidup atau memiliki alibi lainnya untuk menolak. Kamu hanya belum melihat tempat yang pas untuk menaruh seluruh dedikasi yang baru saja berhasil kamu ciptakan. Sekali lagi, semuanya selalu butuh proses dan entah itu lama ataupun cepat selalu bergantung dari pribadi masing-masing. Lihat sekelilingmu, dan renungkan baik-baik : apakah dengan merasa belum bisa memaknai hidup, lantas kamu tidak bisa membuat hidup orang lain bermakna karena kehadiranmu ?

At least kamu akan bisa menjawab pertanyaan ini

What’s your reason for getting up in the morning ?

0 Response to "Sulit Menemukan Tujuan Hidup ? Coba Metode Ikigai Ala Masyarakat Jepang"

Posting Komentar