Pelajaran Berharga yang bisa Diambil dari Kartun Doraemon


Pertemanan (abadi) Doraemon dan Nobita yang daripadanyalah kita bisa belajar banyak.
Doraemon. Siapa sih yang tidak kenal dengan tokoh kartun asal Jepang itu? Seringkali kita menonton kartunnya atau membaca komiknya hanya untuk hiburan semata, Namun siapa sangka sih, ternyata kisah si robot kucing yang-sering-disebut-mirip-luwak ini, juga mengandung pelajaran penting dan berharga yang daripadanya kita bisa petik untuk kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Apa saja? Yuk simak point-point berikut.

Jadilah teman di kala suka dan duka
Doraemon dikirim dari masa depan untuk menolong Nobita, bocah kelas 4 SD yang terkenal payah dalam segala hal. Saat Nobita sedang bahagia, dia akan menceritakannya pada Doraemon, dan Doraemon pun akan selalu dengan senang hati mendengarkannya. Namun saat ulangan dapat nilai 0 dan tidak mampu apa-apa, Doraemon akan berusaha memotivasi Nobita untuk belajar lebih giat lagi.

Nobita yang di-bully Suneo dan Giant akan selalu minta pertolongan pada Doraemon. Inilah teladan yang sebenarnya karena pertemanan itu diciptakan untuk saling menguatkan di kala suka dan duka.

Tidak ada gunanya sombong
Suneo yang selalu menyombongkan kekayaannya, pada akhirnya akan selalu menerima efek jera. Entah berkat bantuan Doraemon, Nobita menunjukkan Suneo bahwa harta Suneo bukan apa-apa; entah Suneo kehilangan barang yang dipamerkannya; atau mungkin efek 'senjata makan tuan' yang menimpa Suneo sendiri. Bagaimanapun, bukankah kita selalu diajarkan untuk tetap rendah hati dan tidak menyombongkan diri?

Pernah takut? Wajar
Semua orang pasti pernah memiliki rasa ketakutan. Takut akan kematian, takut kegelapan, takut ketinggian, dan banyak ketakutan lain yang mana apabila sudah mencapai titik ekstrim, ketakutan tersebut bisa dikatakan sebagai fobia.

Namun, yang ditekankan di sini adalah apabila pernah takut akan sesuatu itu wajar. Bahkan Doraemon yang diidolakan orang sedunia pun, juga takut, akan tikus. Nobita, takut akan amarah Giant. Giant, takut akan ibunya sendiri.

Wajar saja bila kita memiliki rasa takut, hanya saja semuanya kembali kepada diri kita sendiri; Bagaimana kita mengatasi rasa takut tersebut agar tidak merajai kehidupan kita. Rasa takut bukanlah suatu aib yang harus ditutupi, melainkan harus dicoba bicarakan dan selesaikan.

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya
Semua orang pasti pernah menghadapi yang namanya masalah. Besar atau kecil. Perlu diingat bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Ketidakmampuan Nobita untuk bersuka-ria mampu diselesaikan dengan bantuan Doraemon. Kesalahan Nobita di masa lalu dapat diperbaiki dengan bantuan mesin waktu yang ada di laci meja belajarnya.

Dalam hidup nyata kita, memecahkan masalah tidak semudah seperti Doraemon membantu memecahkan masalah Nobita. Namun percayalah, semua masalah pasti akan terselesaikan suatu saatnya nanti. Hanya saja seringkali kitanya yang kurang sabar dalam melihat situasi kondisi. Oleh karena itu diperlukan kebijaksanaan dalam kita berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari kita untuk menghidari membesarnya masalah-masalah yang tengah kita hadapi.

Semoga kalian mendapatkan sesuatu dari apa yang baru saja penulis jabarkan. Namun, keempat pelajaran tersebut hanyalah sebagian dari pelajaran-pelajaran penting yang bisa kita ambil dari kisah Doraemon. Pergunakanlah hidupmu dengan lebih baik dan berkaryalah untuk Indonesia yang lebih maju.

0 Response to "Pelajaran Berharga yang bisa Diambil dari Kartun Doraemon"

Posting Komentar