8 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Lebih Baik


Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang penting disamping makan, minum dan berudara.

Tidur
Tapi bagi para orang yang menginjak fase dewasa biasanya mulai mengalami ksulitan tidur atau bisa tidur tapi kurang berkualitas. Efeknya malah bangun tidur perasaan gak enak sampai pegel-pegel dan sebagainya.

Yuk langsung saja inilah tips supaya tidurmu lebih berkualitas!

1. Matikan ponsel.
Kalau jaman sekarang karena memang manusia rata-rata dan sebagian besar tidak bisa lepas dari ponsel, atau gadget, dan lainnya menjadikan mau tidur dan bangun tidur itulah yang dicari.
Sebelum tidur, pastikan alat komunikasi seperti itu dimatikan. Hal itu akan membuat pikiran kita tidak tergiur untuk cek ini dan itu dan sebagainya.

2. Minum segelas air putih.
Tahu kan fungsinya air putih? salah satunya bisa dijadikan penetralisir rasa di lidah sampai ke lambung. Nah kalau anda mau tidur tapi masih ada rasa di lidah, baik pedas, asin, atau rasa kuah bakso misalnya pasti akan membuat tidurnya terganggu dong.

3. Rapikan tempat tidur.
Bayangkan anda tidur di tempat kotor atau kumuh dengan anda tidur di tempat bersih dan nyaman. Yap, rasa nyaman pasti akan membuat segala sesuatunya lebih berkualitas dong. Jadi rapihkan tempat tidur sebelum mulai berbaring, hal itu akan meminimalisir gangguan yang diterima tubuh.

4. Bereskan semua pekerjaan.
Bereskan disini bukan berarti harus langsung diselesaikan, tapi paling tidak semua hal sudah tertata rapi dan pikiran kita gak terganggu dengan rasa khawatir terjadi sesuatu sama pekerjaan kita.

5. Bersihkan tubuh.
Membersihkan tubuh tidak selalu dengan mandi kok, bisa juga membersihkan kaki atau muka. Hal ini akan membuat pikiran kita segar dan rasa nyaman juga tercipta dari diri sendiri, kan gak enak kalau tidur sedangkan tubuh masih bau. Tapi lebih bagus lagi jika mandi tentunya, apalagi kalau pake air hangat.

6. Posisikan tubuh dengan tepat.
Posisi tidur yang paling nyaman adalah menyamping dengan satu tangan menyandari kepala. Jadi jangan asal nyungsep aja di tempat tidur, perhatikan juga posisi untuk memejamkan mata kita.

7. Pakai bantal yang pas.
Pemakaian bantal pastinya jadi salah satu unsur utama dalam tidur berkualitas. Jangan gunakan yang terlalu lembut juga terlalu keras. Perhatikan juga ukurannya jangan yang terlalu besar apalagi terlalu kecil.

8. Berdoa
Hal ini yang selalu disarankan jika kita mau tidur. Di ajaran manapun juga mengajarkan untuk berdoa, agar bisa dijauhkan dari hal-hal yang kurang baik saat memejamkan mata.

Nah itulah 8 tips-tips dari saya agar tidurmu berkualitas, karena tidur sangatlah penting untuk mengembalikan energi dalam tubuh manusia. Kekurangan tidur biasanya disebabkan karena begadang ataupun karena insomnia. Banyak akibat yang timbul karena kurang tidur, mungkin akan saya bahas di lain kesempatan.

0 Response to "8 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Lebih Baik"

Posting Komentar