Sering merasa stres dan tertekan gara – gara pekerjaan ataupun masalah dalam hidup kamu?

Hidup memang tidak selalu mudah kok! Tapi orang – orang sukses pasti selalu memiliki mental kuat dan mampu melewati setiap masalah dalam kehidupannya.

Pengen tau apa kamu termasuk dalam calon orang sukses ? Bandingkan 13 kebiasaan di bawah ini dengan kebiasaan – kebiasaanmu!

1. Kamu Tidak Akan Menghabiskan Waktu Untuk Meratapi Nasib
Daripada duduk dan meratapi nasib, kamu lebih memilih untuk melakukan sesuatu untuk mengubah hidupmu. Kamu sadar betul jika terkadang hidup memang tidak mudah dan bahkan tak jarang bisa saja tidak adil.

2. Kamu Tidak Akan Menyalahkan Orang Lain
Kamu tidak akan menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi padamu, karena kamu sadar hal itu tidak ada gunanya. Kamu yakin kamu memiliki kekuatan dalam dirimu untuk dapat mengelola emosimu sehingga kamu pasti dapat mengatasi hal – hal buruk yang terjadi padamu.

3. Kamu Tidak Takut Akan Perubahan
Kamu yang berhati besar dan bermental kuat tidak akan takut untuk berubah dan menghadapi perubahan. Kamu adalah orang yang fleksibel yang selalu berusaha untuk berubah menjadi yang lebih baik lagi.

4. Kamu Tidak Akan Menghabiskan Waktumu Pada Hal Yang Diluar Kontrolmu
Daripada menghabiskan energi untuk mengeluh masalah yang berada di luar kuasamu, kamu lebih memilih untuk berfokus pada hal – hal yang bisa kamu lakukan. Kamu sadar hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah melakukan hal yang bisa kamu lakukan sebaik mungkin, tak terkecuali dengan menjaga sikapmu sendiri.

5. Kamu Sadar Kamu Tak Akan Bisa Menyenangkan Semua Orang
Kamu sadar kamu tidak akan pernah dapat menyenangkan setiap orang, oleh karena itu kamu tidak akan repot – repot untuk menyenangkan semua orang. Dan bukanlah menjadi masalah buatmu ketika ada yang kecewa kepadamu, sepanjang kamu telah melakukan yang terbaik yang kamu bisa lakukan.

6. Kamu Tidak Takut Untuk Mengambil Resiko
Dengan hati yang besar serta mental yang kuat kamu tidak akan takut untuk mengambil keputusan dan resiko yang ada dalam hidupmu. Namun tentu saja kamu telah mempertimbangkan masak – masak keuntungan dan kerugian dari semua keputusan yang kamu ambil.

7. Kamu Berhenti Menyesali Masa Lalumu
Kamu sadar bahwa menyesali masa lalu dan berharap akan ada keajaiban yang membawamu kembali ke masa lalu adalah hal yang mustahil dan sia – sia. Karena itu kamu mencoba untuk belajar dari masa lalumu itu dan kembali meneruskan hidupmu.

8. Kamu Tidak Akan Melakukan Kesalahan Berkali – kali
Kamu belajar dari kesalahan – kesalahan yang pernah kamu lakukan dan kamu tidak berniat untuk melakukan kesalahan – kesalahan itu untuk kedua kalinya.

9. Kamu Tidak Akan Iri Pada Kesuksesan Orang Lain
Saat kamu sudah kuat, maka kata iri tidak akan menghampirimu. Seberapapun suksesnya temanmu kamu tidak akan iri kepada mereka, justru sebaliknya kamu akan merayakan kesuksesannya dan bergembira untuknya.

10. Kamu Tidak Akan Mudah Putus Asa
Sebuah kegagalan tidak akan membuatmu putus asa dan berhenti untuk mencoba. Kegagalan justru kamu anggap sebagai tantangan yang harus kamu taklukan.

11. Kamu Tidak Takut Untuk Sendiri
Sendirian buatmu bukanlah suatu masalah, kamu tidak terganggu dengan hal itu, bahkan kamu  bisa menikmatinya. Dengan menikmati masa ini, kamu bergantung pada dirimu sendiri dan memulai proyek pribadimu.

12. Kamu Tidak Takut Berbagi
Berbagi dengan yang lain membuatmu merasa lebih hebat!

13. Kamu Menikmati Proses
Kamu paham bahwa di dunia ini tidak ada sesuatupun yang instan. Oleh karena itu kamu menikmati setiap proses yang ada dalam hidupmu, baik yang membahagiakan maupun menyedihkan.