Banyak Diprotes Netter Soal Salah Tulis Ayat Quran, Ustazah Nani Handayani Beri Klarifikasi Ini


Sebuah foto yang menunjukkan cuplikan program acara dakwah di sebuah televisi swasta nasional ramai dibicarakan warganet, Selasa (5/12/2017).
Foto tersebut memperlihatkan sang ustazah yang diketahui bernama Nani Handayani sedang memberikan penjelasan mengenai sebuah ayat Al Quran.
Namun bukan penampilan sang ustazah, melainkan tulisan ayat Al Quran yang berada di layar di belakang ustazah.
Tulisan dengan huruf Arab itu merupakan penggalan Surat Al Ankabut ayat 45 tentang keutamaan shalat.
Bagi sejumlah orang, barangkali tak ada yang aneh dengan tulisan tersebut.
Namun bagi orang yang mengetahui tata cara penulisan huruf Arab, membeberkan bahwa tulisan tersebut sangat salah bahkan berantakan.
Menurut mereka terdapat cukup banyak kesalahan penulisan ayat tersebut, baik penulisan huruf maupun tanda baca.
Foto itu pertama kali diunggah akun Twitter @Rumadi04 sekitar pukul 6 pagi dan dengan cepat menjadi perbincangan warganet.
Mereka menyayangkan kesalahan tersebut bisa lolos siar, ditambah sang ustazah yang tak mengoreksi tulisan tersebut seolah-olah tulisan itu benar.
"Jangankan beda huruf, penulisan tanda baca saja bisa berakibat fatal karena bisa memiliki arti yang berbeda," kurang lebih begitu kesah mereka.
Netter pun ramai berbalas komentar. Mereka menginginkan kejadian itu mendapat perhatian serius dari pihak stasiun televisi.
@salto_009 @Metro_TV harus klarifikasi.....krn klo tdk....org yg terlanjur melihat tulisan/imlak tsb akan menganggap bener...dn bahaya klo itu (yg salah) d jadikn sbg pedoman pengetahuan mereka.. @lukmansaifuddin
@Addriadi Itu yang nulis ustadzahnya?? Kok kacaunya pake banget :(((
@eae18 redaksi dong bukan ustazahnya
Mengetahui ramainya protes yang dilayangkan warganet, Ustazah Nani Handayani pun langsung memberikan klarifikasi.
Klarifikasi itu ia rekam dalam video yang ia unggah di akun Twitternya pukul 09:41 WIB.
Dalam video tersebut, sang ustazah meminta maaf dan menyampaikan bahwa apa yang tersiar itu tidak pernah ada unsur kesengajaan.
"Astaghfirullahalazim, mohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Mohon maaf kepada guru-guru, ustaz-ustazah dan semua umat Islam di muka bumi ini. Apa yang terjadi di acara Metro TV adalah sebuah kesalahan, manusiawi. Yang sama sekali tidak pernah diniatkan," ucapnya.
Klarifikasi itupun masih mendapat komentar dari netizen.
Ada yang menilai harusnya pihak stasiun televisi yang meminta maaf, ada pula yang masih menyoroti kesalahan sang ustazah.
Saran-saran dari netter pun tak ketinggalan dituliskan dalam kolom komentar.
@EndjahH Kesalahan utama bukan pd Ibu, tapi pada @Metro_TV yg kurang proper dlm menentukan qualitas Narasumber. Sebaiknya ibu Tolak dulu tampil diTV
@MuchYusufloh Harusnya diklarivikasi dimetrotv bu
Bukan lewat tweet, karna akan banyak orang tersesat karna ibu walau pun sudah dikubur masih bayar dosa sesat
@mutolibabdl Maaf ya Bu... Kalau menurut saya mending mundur saja dari acara itu, daripada anda dibilang menyesatkan ummat, dan untuk @Metro_TV tolong kaji ulang acara dan pembawa acara ini..
@adiaqa Maaf ibu Ustadzah.... melihat kesalahan terjadi bkn hanya 1x... Saya sbg orang awam malah bertanya2 apakah ini ketidaksengajaan atau ketidaktahuan..?
@salmansejahtera belajar ngajinya di perdalam lagi mbah..sebelum kajian di ulas alangkah baiknya diktatnya di baca lagi mbah dan banyak tanya


Sumber: tribunnews